Lomba Musik Kreasi Keroncong Digelar Disbudpar Kudus, Upaya Galakkan Irama Ini Dikalangan Muda

oleh -1,179 kali dibaca
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Mutrikah dan tokoh keroncong di Kudus Herdjini saat menjadi penampil istimewa pada lomba kreasi musik keroncong di Kudus (Foto: YM)

Kudus, isknews.com –  Lomba Musik Keroncong Kreasi digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus demi melestarikan salah satu genre aliran musik khas Indonesia khususnya di Kabupaten Kudus sekaligus upaya meningkatkan kunjungan wisata dengan melaksanakan Lomba Musik Keroncong Kreasi di Taman Budaya Kudus, Selasa, (30/05/2023).

Diikuti 5 tim musik keroncong yang ikut dalam lomba kreasi pada kali ini. Mereka menampilkan karya terbaiknya secara bergantian dengan penuh bangga dan suasana nostalgia serta dewan juri yang dipimpin oleh tokoh keroncong di Kabupaten Kudus Herdjini, yang juga Lurah Wergu Kulon Kudus.

Kepala Disbudpar Kudus, Mutrikah menyampaikan, gelaran lomba musik keroncong kreasi ini diadakan untuk menggeliatkan kembali kesenian tradisional di Kabupaten Kudus.

Pihaknya sebagai bagian dari pemerintah daerah pun berinisiatif untuk mengadakan lomba tersebut, supaya memberikan semangat serta dorongan kepada para seniman untuk mau berlatih.

“Artinya bahwa kita punya kewajiban untuk melestarikan seni tradisional atau musik keroncong ini, sehingga bisa tetap menjadi hiburan dan kekhasan masyarakat serta mendidik karakter bangsa,” tuturnya.

Tika pun mengatakan bahwa usai kegiatan lomba ini, pihaknya akan memberikan fasilitas kepada seniman keroncong untuk melakukan pelatihan di Taman Budaya.

“Ini juga sekaligus untuk menghidupkan Taman Budaya ini untuk kegiatan-kegiatan seniman di Kabupaten Kudus, sesuai dengan bidang mereka masing masing,” tandasnya.

Sementara itu, Sri Setyorini, yang merupakan vokalis tim keroncong juara 1 Lomba Musik Keroncong Kreasi, mengaku senang atas adanya perhatian pemerintah daerah terhadap salah satu seni musik tradisional ini.

Menurutnya, ini menjadi upaya awal untuk menghidupkan kembali musik keroncong setelah vakum dan lesu di industri musik. Diharapkan, ke depannya para grup keroncong bosa mengaktifkan kembali musik keroncong untik ajang lomba maupun acara.

“Kita juga butuh support dan dana tentunya, sehingga kehadiran pemerintah daerah sangat kita butuhkan,” ucapnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.