Malam Ini Para Peserta Mudik Gratis di Jadwalkan Tiba Di Pendopo Kudus

oleh
Kasi LLAJ Dishub Kudus bersama sejumlah staf dan pengurus FKMK saat akan berangkat menuju Jakarta menjemput para peserta Mudik gratis pemkab Kudus (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Pukul 10 Pagi ini di jadwalkan seratusan orang  pemudik asal Kudus yang kini bekerja ataupun berdomisili di Jakarta dan sekitarnya  akan di berangkatkan dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur.

Setelah kemarin 2 unit Bus penjemput para pemudik tersebut telah di berangkatkan menuju Jakarta dari halaman kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus.

Pemberangkatan 2 unit bus menuju Jakarta tersebut dikawal langsung oleh Nugroho kepala seksi Lalu-lintas Angkutan Jalan bersama sejumlah stafnya, serta sejumlah pengurus Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK), Jumat (31/05/2019).

Diperkiran malam nanti kedua bus tersebut akan sampai di pendopo Kabupaten Kudus.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus menyelenggarakan Program Mudik Gratis yang diperuntukkan bagi warga Kudus yang berdomisili atau bekerja di Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus, Abdul Halil yang ditemui saat sosialisasi ‘jalan dr Loekmono Hadi bebas timbulan parkir’ menyatakan, program mudik gratis itu menerjunkan dua unit bus untuk mengantarkan warga Kudus pulang ke kampung halaman.

“Biasanya kalau informasi Dishup pusat, dulu pada tanggal-tanggal ini kuota sudah mencukupi,” paparnya, Jumat (31/05/2019).

Halil menambahkan untuk syarat pendaftarannya, setiap warga yang bekerja atau tinggal di sana harus mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli Kudus. Pemberian fasilitas kelayakan bus juga diperhatikan oleh pihak Dishub.

Kriteria bus ia punya spesifikasi khusus, diantaranya bus harus layak jalan. Kemudian dilengkapi kelengkapan perlatan darurat. Juga supir harus memiliki kondisi yang prima dan berkelakuan baik. Penambahan empat personel juga diterjukan untuk mengawal program mudik gratis tersebut.

“Untuk bus kami menggunakan APBD. Setelah anggaran itu cair baru kami melakukan pengecekan bus untuk mudik gratis itu,” ungkapnya.

Pada mudik tahun lalu antusias masyarakat yang menggunakan jasa mudik gratis tiap tahunnya meningkat. Namun melihat antusias itu, Halil tak bisa menambahkan kuota bus. Pasalnya penambahan kuota itu merupakan kewenangan Dishub Provinsi Jateng.

Sementara pemberangkatan mudik gratis ini titik pemberangkatannya berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sedangkan titik pemberhentian akhir adalah di pendopo. Dijadwalkan kehadiran warga Kudus yang kini berdomisili di Jakarta itu akan di sambut oleh Bupati Kudus. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :