Masa Tanggap Darurat, Toko Modern Di Kudus Buka Lebih Pagi

oleh

Kudus, isknews.com – Pemerintah Kabupaten Kudus menerbitkan Surat Edaran mengenai perubahan jam buka toko modern di Kudus. Perubahan ini dilakukan guna menjaga ketersediaan bahan makanan selama masa tanggap darurat corona virus disease atau Covid-19.

Jika jam buka toko modern sesuai Perda diatur mulai pukul 10.00 WIB, saat ini minimarket di Kudus boleh buka mulai pukul 07.00 dan tutup tetap di jam 22.00 malam.

Suasana pagi di salah satu toko modern di Jalan Patimura Kudus (Foto: YM)

Plt Bupati Kudus, HM Hartopo usai menerima bantuan sebanyak 1.800 masker dari PT Indomarco Prismatama di Pendopo Kabupaten Kudus mengatakan, dalam situasi darurat saat ini, Pemkab Kudus memberi kelonggaran jam buka toko modern demi kepentingan masyarakat luas.

“Pertimbangan kami toko modern menyediakan kebutuhan pokok masyarakat, sehingga diperbolehkan buka lebih pagi dengan harapan masyarakat bisa berbelanja lebih pagi,” katanya, Selasa (21/04/2020),

TRENDING :  H-3 Idul Adha, Penjualan Hewan Kurban Laris Manis

“Hal yang lebih penting selama beroperasi, minimarket harus mempertimbangkan protokol kesehatan dengan menyediakan masker bagi pegawainya, serta tempat cuci tangan bagi konsumen sebelum dan sesudah belanja,” katanya.

Senada, kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Sudiharti mengatakan, Jam buka toko modern diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 12/2017 tentang Penataan dan Pembinaan Toko Swalayan. Pada Perda tersebut, jam operasional diatur mulai mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

“Surat Edaran nomor 360/241/17.02/2020 tentang Jam Buka Toko Swalayan Selama Status Tanggap Darurat Bencana Covid-19 telah diedarkan pihaknya sejak 16 April 2020 lalu. Dan mulai diberlakukan pada 17 April 2020,” Selasa (21/04/2020).

Menurutnya, perubahan jam operasional toko modern sesuai dengan Surat Menteri Perdagangan Nomor 317/M-DAG/SD/04/2020 tentang menjaga ketersediaan dan kelancaran pasokan barang bagi masyarakat.

TRENDING :  Ruang Help Desk Dinas Dukcapil Kudus, Permudah Peserta CPNS Urus Problem Seputar NIK dan KK

Selain itu didukung dengan Keputusan Bupati Kudus Nomor 360/47/2020 tetang Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Covid-19 di Kudus.

Dalam Rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dilakukan 12/04/2020 lalu. Forkopimda Kabupaten Kudus memutuskan perubahan jam buka toko swalayan guna menjaga ketersediaan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Dari pantauan media ini sudah sekitar hampir sepekan sejumlah gerai Indomaret dan Alfamart yang ada di Kudus membuka gerainya lebih pagi dari jam sebelumnya.

Branch Manager Cabang PT Indomarco Prismatama (Indomaret Group) Semarang Royanto Budi mengatakan, jam buka toko modern telah sesuai surat edaran yang diperoleh dari Pemkab Kudus.

TRENDING :  Karena Bocor, Beberapa Titik di Blok C Pasar Kliwon Tergenang Air Hujan

Sejak tanggal 17 Maret 2020, minimarket diperbolehkan buka mulai pukul 07.00 WIB dan tutup pukul 22.00 WIB.

“Khusus hari Sabtu dan Minggu, boleh buka hingga pukul 23.00 WIB, sedangkan di tempat fasilitas umum bisa buka hingga pukul 24.00 WIB, sedangkan yang berada di daerah pembatasan jam malam maka maksimal buka hingga pukul 20.00 WIB,” katanya.

Royanto menambahkan, pihaknya mengikuti aturan yang telah dibuat. Termasuk ketentuan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Dengan buka lebih pagi, kata dia, omzet penjualannya memang melonjak. Pasalnya banyak masyarakat yang bisa terlayani lebih pagi untuk memenuhi kebutuhan belanja rumah tangga.

Di Kabupaten Kudus, jumlah gerai Indomaret sebanyak 55 gerai yang tersebar di sembilan kecamatan. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :