” MBALANGAN SQUARE ” DESTINASI WISATA BERBURU BARANG LANGKA HARGA BERSAHAJA

oleh -2,209 kali dibaca

Kudus,isknews.com – Tak kalah dengan kota besar di Jawa Tengah seperti Barito di Semarang atau Klitikan di Yogyakarta,kabupaten Kudus juga memiliki pasar barang bekas yang akrab disebut  ” pasar Mbalangan. ”

Sebutan tersebut merupakan nama khas masyarakat Kudus yang memiliki arti barang bekas.Letaknya yang terbilang strategis di jalan  Sunan Kudus yang berada di tepi sungai Gelis sebelah Barat jembatan Niti Semito,pasar Mbalangan ini menjadi salah satu destinasi wisata bagi pemburu barang langka.

Barang barang yang ditawarkan disana beraneka macam seperti barang bekas sepeda motor hingga barang antik bahkan koleksi kaset langka juga acap kali bisa ditemukan disini.

Kepala Paguyuban PKL Tepi Sungai Gelis (Mbalangan,red),Ali,kepada isknews.com menjelaskan bahwa keberadaan Pasar ini sudah sejak puluhan tahun silam.

” Awalnya PKL penjual barang bekas ini berada di sepanjang jalan Sunan Kudus,namun karena keberadaannya sering menimbulkan kemacetan lalu lintas maka Pemerintah Daerah memberikan tempat di tepi sungai Gelis.” Terangnya.

Ditambahkanya,” Ratusan pedagang disini selalu berkordinasi dengan sesama pedagang ataupun paguyuban terlebih mendapatkan penawaran barang dagangan yang tidak wajar harganya,tentu akan diminta menunjukan identitas diri penjual.”

Keberadaan barang langka yang sering tidak disadari penjual maupun masyarakat yang mengetahui barang orisinil langka membuat para kolektor sering berburu disini.(Owix/LR/Mr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.