Memanfaatkan Momen di Hari WORD CLEAN UP DAY UKM Palwa ’’51’’ Mengadakan Kegiatan Pendakian dan Bersih Gunung

oleh -561 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Memperingati hari bersih-bersih sedunia ( WCD ) yang dilaksanakan pada tanggal 18-19 September 2021, Mahasiswa Pecinta Alam ( MAPALA ) IAIN Kudus ( PALWA “51” ) gencarkan aksi pendakian dan bersih gunung, dengan tema “Gunung Asik Tanpa Sampah Plastik“ yang berlokasi di Puncak Natasangin, Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.

Hari bersih-bersih sedunia yang dikenal dengan sebutan World Cleanup Day ( WCD ) merupakan salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara untuk membersihkan bumi. Oleh karena itu UKM PALWA “51” mengambil tema “Gunung Asik Tanpa Sampah Plastik” karena mengingat semakin hari maka semakin  banyak sampah yang ada di gunung disebabkan oleh sampah plastik yang sangat sulit teruarai dan tentunya di bawa oleh para pendaki yang tidak bertanggung jawab.

Aksi pendakian dan bersih gunung dilakukan oleh 21 anggota PALWA “51” yang berkolaborasi dengan relawan base camp Natasangin, MAPALA Universitas Muria Kudus MAHUPA ( Mahasiswa Hukum Pecinta Alam ), MAPALA Universitas Muria Kudus Arga Dahana, Komunitas Pecinta Alam Kudus ( KOMPAK ), Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) AL-Izzah, Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) Olah Raga, Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) MenwadancalonanggotaPALWA“51”.

Ada beberapa titik untuk pengambilan sampah, yang pertama di area Petilasan Eyang Abiyoso, kedua area Puncak Natasangin, ketiga Jalur Bebek, dan yang keempat Jalur dari Petilasan Eyang Abiyoso menuju Base Camp Natasangin. Dari kegiatan tersebut kita menghasilkan 18 Trash Bag sampah yang akan dibuang di Tempat Pembuang Sampah ( TPS ) di belakang balai desa Rahtawu. Di penutupan acara pendakian dan bersih gunung ini juga diadakan outbond yaitu mendirikan tenda yang diikuti oleh partisipan kegiatan untuk memeriahkan acara tersebut.

Dari kegiatan pendakian dan bersih gunung harapan anggota PALWA “51” semoga para pendaki lain bisa meniru dan terpanggil untuk melakukan kegiatan seperti ini, dan bisa menjaga kebersihan linglkungan gunung, karena gunung bukan tempat sampah. Sekian dan terimakasih. (Palwa51/ADH/*)

Salam Lestari…

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.