Minta Waktu Seminggu Lagi PT Soloroda Putuskan Bayar Uang Tunggu Pekerja

oleh

Kudus, isknews.com – Seperti yang telah disepakati sebelumnya, melalui ultimatum Ketua DPC FSPSI Kudus, Wiyono pada saat dilakukan negosiasi dan dialog tri partij antara pekerja, pengusaha dan pemerintah pada saat aksi unjukrasa yang dilakukan empat hari sebelumnya, tentang kepastian pengusaha memberikan uang tunggu kepada pekerja PT Soloroda Indah Plastik Terban Jekulo Kudus.

Siang tadi bertempat di Rumah makan Ulam Sari Desa Getas Pejaten telah berlangsung musyawarah lanjutan karyawan PT Soloroda Indah Plastik yang memproduksi karung dan plastik dengan perwakilan karyawan yang dirumahkan didampingi kuasa hukum dan SPSI Kudus, Minggu (5/10/17).

Komposisi yang hadir pada musyawarah siang tadi adalah, Ketua FSPSI Kudus Wiyono bersama Ketua Tim Advokasi SPSI Daru Handoyo, perwakilan Karyawan Fauzi dan Rusdi, wakil pengusaha hadir Manager Perusahaan Edi Pramono, Parno serta Endro staf dan tim manajemen PT Soloroda Indah Plastik, Wakil Pemerintah Agus Juanto dan Bambang dari Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Kudus.

TRENDING :  Korsleting Listrik Sebabkan Rumah ini di Lalap Si Jago Merah

Masih dengan tuntutan yang sama para pekerja menuntut pembayaran uang tunggu yang sudah selama 2 bulan belum dibayarkan, meminta agar perusahaan menepati janji dan meminta kejelasan nasib dan status mereka di PHK atau masih dipekerjakan kembali.

Dalam dialog tersebut pihak pengusaha yang diwakili oleh Suparno menyampaikan, PT Soloroda sudah selama beberapa tahun terakhir ini kesulitan keuangan sehingga terkendala dalam pengadaan bahan baku yang itu berdampak harus merumahkan karyawan, sementara di sisi yang lain owner menghendaki perusahaan tetap bangkit dan berproduksi.

TRENDING :  Lahan Tebu Milik Alm H Sulkhan Di Gondang Manis Terbakar

” Kami tahu karyawan punya hak pada perusahaan tapi PT tidak bisa memenuhi dikarenakan tanggungan hutang perusahaan sangat besar, sehingga harus dilaksanakan audit terlebih dahulu terhadap aset perusahaan setelah itu baru diberikan hak karyawan,” kilahnya..

Sementara itu Daru Handoyo, SH ketua tim advokasi SPSI pada kasus yang menimpa pekerja PT SIP menyampaikan, meminta agar pengusaha mengambil jalan terbaik agar segera ada titik temu dan tidak berlarut larut.

Hasil pertemuan tersebut Perusahaan minta kembali dilaksanakan musyawarah sampai batas minggu depan dan akan komunikasi terlebih dahulu kepada Owner tentang hari dilaksanakan musyawarah kembali yang nantinya hasil kesepakatan ini akan di sampaikan perwakilan perusahaan kepada perwakilan karyawan dan unsur dinas terkait.

TRENDING :  Ratusan Pekerja PT Soloroda Indah Plastik Rapat di Museum Fosil Patiayam

Seperti diketahui 317 pekerja meminta pengusaha memberikan pembayaran uang tunggu bagi pekerja senilai total kurang lebih Rp. 41 Juta untuk 317 pekerja yang haknya belum dibayarkan sejak dua bulan lalu, pembayaran iuran BPJS dan kejelasan nasib mereka di PHK atau masih dipekerjakan kembali. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :