Obat Nyamuk, Penyebab Terjadinya Kebakaran Rumah di Temulus

oleh

Kudus, isknews.com – Sebuah rumah di RT 4 RW 2 Desa Temulus, Kecamatan Mejobo terbakar siang tadi. Rumah yang dihuni dua orang manula tersebut diketahui oleh warga sekitar terbakar saat pemiliknya pergi berobat ke rumah sakit, Selasa (03/11/2020).

Kebakaran tersebut diketahui berasal dari kamar depan rumah Kusnadi Wagi (65) dan sempat menghanguskan sejumlah ruang serta kayu-kayu penyangga atap.

Dari pantauan media ini, sejumlah barang elektronik dan perkakas rumah tangga milik korban ikut hangus terbakar.

Jangkung, 59 tahun, warga RT 7 RW 3 Desa Temulus mengatakan kebakaran pertama kali diketahui sekitar pukul 11.15 WIB. Saat itu, kondisi api sudah membesar dan melahap sebagian bangunan rumah.

“Awalnya saya mau keluar rumah. Pas lihat ke arah rumah Pak Wage ada api. Lalu saya memberi tahu tetangga untuk membantu pemadaman,” jelasnya.

Kades Temulus Suharto, saat memimpin koordinasi pemadaman kebakaran rumah bersama warga (Foto: YM)

Informasi kebakaran tersebut, selanjutnya disebarakan melalui pengeras suara dari dia buah mushala setempat, sehingga warga kemudian ber4duyun-duyun melakukan pemadaman api dengan peralatan seadanya. Salah satunya dengan menggunakan air sungai di sekitar lokasi kebakaran.

“Alhamdulillah kobaran api ini segera bisa dipadamkan oleh warga. Sehingga tidak sampai merambat ke permukiman disekitarnya,” ujarnya.

Menurutnya beruntung sekali saat itu air dari sungai yang melintas depan rumah terbakar tersebut airnya sedang tinggi, sehingga kami tak kesulitan mendap[atkan suplai air meski hanya bermodalkan ember.

“Bayangkan bila pas air surut, saya yakin rumah ini bisa ludes terbakar, bahkan sejumlah ikan kecil-kecilpun ikut berceceran dirumah tersebut akibat terbawa ember para warga saat membawa air dari sungai tersebut,” tuturnya.

Atas kejadian ini, lanjut Jangkung perkakas rumah dan sejumlah barang elektronik milik Wage hangus terbakar.

Ditemui di lokasi kejadian, Kepala Desa Temulus, Suharto menduga kebakaran berasal dari nyala bara obat nyamuk bakar yang belum sempat dimatikan di salah satu kamar korban.

“Titik apinya berasal dari kamar dibawah tempat tidur. Kami menduga dari nyala obat nyamuk,” katanya.

Sempat datang armada pemadam kebakaran dari BPBD Kudus namun api sudah lebih dahulu padam. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :