Panggung Teater Kudus Persembahkan Wayang Gojek, Angkat Lakon Kumbakarna Gugur

oleh -1,430 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Panggung teater Kudus yang bekerjasama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation belum lama ini memberi kesempatan pada komunitas Wayang Gojek Kudus pimpinan dalang Ki Waryoto Giok untuk menyuguhkan pementasan di Balai Budaya Rejosari pada (30/10/17).

Adapun pada kesempatan itu, hadir berbagai komunitas serta para pegiat seni di Kabupaten Kudus dan masyarakat sekitar. Wayang Gojek waktu itu mengangkat lakon Kumbakarna Gugur (Sang Kusuma Bangsa)

Dalam pertunjukan yang berlangsung selama kurang lebih 90 menit tersebut penampilan wayang gojek mampu memberikan hiburan segar kepada masyarakat. Hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan oleh Ki Waryoto Giok selaku pimpinan Wayang Gojek.

Dalam diskusi ramah tamah dengan penonton  yang dimoderatori oleh Saliem Sabendino, Giok menyampaikan bahwa selain memberi hiburan kepada masyarakat, wayang gojek memiliki misi untuk mengenalkan budaya wayang kepada masyarakat luas dengan kemasan komedi. Karena komedi memiliki ruang yang lebih dekat dengan masyarakat secara umum.

Adapun alasan pemilihan lakon kumbakarna gugur menurut Giok, adalah untuk memberikan kajian wacana menyoal semangat nasionalisme yang kini menjadi focus pembangunan generasi saat ini. Dari cerita tersebut kiranya dapat dipetik tentang semangat kepahlawanan para ksatria dalam mempertahankan tanah tumpah darahnya (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.