Pasar Baru Penampungan PKL Kaliputu Rampung Dan Siap Ditempati

oleh -1,143 kali dibaca

Pasar Sudah Jadi, PKL Kaliputu Belum Tahu Kapan Pindah
KUDUS, isknews.com – Para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sekitar perusahaan rokok (PR) Djarum Kaliputu, Kecamatan Kota Kudus, terutama yang menggelar dagangannya di badan jalan dan di atas trotoar, mengaku belum tahu kapan akan dipindahkan ke tempat jualan yang baru, padahal bangunan pasar yang nantinya akan ditempati mereka, sudah jadi dan siap pakai.
Pasar baru itu letaknya sekitar 100 meter dari PR Djarum brak Kaliputu, di sisi barat jalan, tepatnya masuk ke barat melalui gang di sebelah utara Kaliputu Gang-V. Bangunan yang menghadap ke arah selatan itu pintu pagarnya tertutup rapat, namun bisa dilihat kondisi dan model atau desaiinnya, yang dibuat berpetak-petak ukuran 1 x 1,5 meter dan 1 x 2 meter, yang diperuntukkan khusus bagi PKL.
Mengenai belum adanya kepastian pindah tempat berjualan itu, dibenarkan oleh salah seorang PKL yang membuka usahanya, di atas trotoar sisi barat jalan depan PR Djarum Kaliputu, Ulfiyah. Menurut pedagang yang sehari-harinya berjualan es dawet dan bakso bakar itu, dia dan teman-temannya, beberapa hari yang lalu, sudah diberi tahu oleh petugas dari SKPD terkait, yakni Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (DPPP) Kabupaten Kudus, bahwa dia dan teman-temanya akan dipindah tempat jualannya ke pasar baru. “Kami juga sudah didata, jumlah PKL yang akan dipindahkan sebanyak 71 orang.”
Dari jumlah sebanyak itu, adalah khusus PKL yang berjualan di atas trotoar dan badan jalan, yang dianggap menimbulkan kemacetan lalu lintas di ruas jalan Kudus – Colo itu. Sedangkan yang sudah berjualan di gang atau jalan masuk desa, di sebelah utara PR itu, kemungkinan tidak akan dipindahkan. “Kami berharap pembagian penempatan kios atau los di pasar yang baru itu bisa adil, dan jualannya tetap laku,” ujar Ulfiyah, yang sudah lima tahun menggantungkan hidupnya menjadi PKL di lokasi tersebut. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :