Pawai Ogoh-ogoh, Meriahkan Dies Natalis SMPN 2 Juwana

oleh -1,258 kali dibaca
Caption Foto : Patung ogoh-ogoh berbetuk Buto yang dibuat SMPN 2 Juwana dalam perayaan dies natalis sekolah, Rabu (21/2/2024).

Pati, Isknews.com – Ribuan orang menyaksikan pawai ogoh-ogoh berukuran besar yang diadakan SMPN 2 Juwana dalam perayaan dies natalis, Rabu (21/2/2024). Berangkat dari lapangan sepakbola sekolah, sebanyak 9 patung ogoh-ogoh berukuran besar itu menyulap jalanan seolah panggung pertunjukkan.

Guru Seni Budaya SMPN 2 Juwana, Erwina Rantaunika mengungkapkan. Ogoh-ogoh yang diarak merupakan buah karya dari Siswa SMP N 2 Juwana. Ogoh-ogoh sengaja dihadirkan untuk menyambut dies natalis ke-38 tahun.

“Ini baru perdana bagi kami. Karena dalam dies natalis sebelumnya hanya berisi jalan santai saja,” terangnya.

Sebelum acara iring-iringan dimulai, Wina bercerita sebetulnya ogoh-ogoh yang disiapkan para siswa kelas IX SMPN 2 Juwana untuk memenuhi tugas Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5.

Namun karena bertepatan dengan ulang tahun sekolah, ogoh-ogoh yang dibuat selama dua bulan itu digunakan untuk memeriahkan acara.

“Selain itu berangkat dari kebiasaan masyarakat Juwana yang suka berpesta, jadi kami ingin menghadirkan acara ini selayaknya festival kecil. Jadi masyarakat juga ikut menikmati karya anak-anak,” lanjut Wina.

Sementara itu, Kepala sekolah SMPN 2 Juwana Kunasro menambahkan. Dirinya sangat mengapresiasi dengan buah karya para siswanya. Dirinya berharap para siswa dapat lebih mengaktualisasikan diri mereka dalam dunia seni.

“Acara sebagai ruang aktualisasi anak. Kalau gak dikasih ruang aktualisasi mereka jadi kurang. Semoga dari sini kreatifitas anak kian tumbuh,” terang Kunasro.(Mel)

KOMENTAR SEDULUR ISK :