Pedagang Grosir Pasar Kliwon Kudus Mulai Layani Permintaan Luar Jawa

oleh -154 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Mendekati Bulan Ramadhan, sejumlah pedagang grosir Pasar Kliwon Kudus mulai merasakan permintaan dari luar jawa, terutama dari Indonesia bagian timur.

“Sebagai indikatornya terlihat dari jasa pengiriman paket yang ada disekitar Pasar Kliwon sudah mulai penuh barang untuk dikirim melalui Surabaya,” kata Ketua Himpunan Pedagang Pasar Kliwon (HPPK), Sulistyanto, Rabu (27/1/2021).

“Kondisi penjualan grosir tersebut akan berlangsung sampai bulan ‎Ramadhan dan saat Ramadhan tiba sudah tidak grosir, melainkan lebih banyak retail atau eceran.” ujar Sulis.

Diakuinya, selama pandemi ini penjualan mengalami penurunan 60-70 persen dibandingkan kondisi normal.

Selama penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), aktivitas di pasar mengalami diakui sepi pengunjung dan berakibat penurunan omzet, akan tetapi konsumen beralih belanja ke pedagang pasar kliwon secara online.

“Kami tetap melaksanakan protokol kesehatan, dan sebagian penjualan juga lewat online,” terangnya.

Sementara Ismawati (36), pedagang grosir celana mengatakan, omzet menjelang ramadhan ini memang mengalami peningkatan antara hingga 60%. Namun, dia menilai penjualan produknya belum banyak seperti kondisi normal. Meski jumlah permintaan tidak sebanyak tahun lalu, namun hal itu tetap di syukuri karena ditengah kelesuan roda ekonomi.

“Sudah ada memang pesanan, tapi nggak banyak seperti lebaran kemarin. Jadi kami juga nggak berani stok banyak, namun di kondisi seperti saat ini tetap Alhamdulillah mas” jelasnya.

Dia berharap, kondisi pandemi segera berakhir sehingga kondisi transaksi perdagangan di sektor manapun, terlebih pasar kliwon bisa mulai normal kembali. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :