Pencegahan Stunting Dapat Menggunakan Dana Desa

oleh -185 kali dibaca
Foto : Istimewa

Kudus, isknews.com – Pengalokasian dana desa hendaknya tidak hanya sekadar untuk pembangunan infrastruktur saja. Dana desa sesungguhnya dapat digunakan dalam pencegahan dan penanggulangan stunting.  Hal itu merupakan suatu bentuk inovasi intervensi pencegahan stunting.

Kasi Pemerintahan Desa dan Pemusyawaratan Desa pada Dinas PMD Kudus, Dian Noor Tamzis Hanafi, mengatakan, Dana Desa yang ada bisa gunakan untuk pencegahan dan penanggulangan stunting. “Isu stunting yang telah menjadi nasional harus menjadi prioritas dengan menginstruksikan penggunaan dana desa untuk pencegahan dan penanggulangan stunting,” Senin (2/2/2020).

Dijelaskan Dian, Programnya bisa dianggarkan untuk jambanisasi, makanan tambahan untuk balita lalu untuk kesehatan ibu dan anak. Semua yang berkaitan dengan program stunting, pihak desa harus koordinasi dengan pihak puskesmas, sebab di puskesmas juga ada penganggaran untuk itu.

Ia mengimbau semua desa di Kudus harus menganggarkan dalam APBDes untuk stunting. Semua kegiatan itu disesuaikan dengan kondisi anggaran di desa yang bersangkutan. Dan khusus penanggulangan stunting kata Dian, memang harus dianggarkan karena itu merupakan program nasional.. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :