Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2016

oleh -953 kali dibaca

 

Kudus_isknews.com – (24/12) Pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2016 dilakukan kepolisian seluruh Indonesia secara serentak dengan nama “ Operasi Lilin Candi 2015 dan pengamanan Tahun Baru 2016” yang dilakukan selama 10 hari dimulai pada pukul 00.00 pada tanggal 24 Desember sampai tanggal 2 Januari 2016. Di Kabupaten Kudus sendiri dibangun 3 pos,yaitu 1 pos pelayanan dan 2 pos pengamanan.

Ketiga pos Operasi Lilin Candi di Kabupaten Kudus ditempatkan di 3 lokasi, pos pelayanan berada di halaman depan Pendopo Kabupaten Kudus, 1 pos pengamanan di tempatkan di perempatan Jl. Lukmonohadi dan 1 pos sisanya di daeran Pentol. Apabila terjadi kemacetan maupun kerusuhan disekitar pos pengamanan, maka akan menjadi tanggung jawab pos pengamanan terdekat. Tujuan dilakukannya Operasi Lilin Candi 2015 yaitu untuk pengamanan ibadah Natal bagi umat Nasrani dengan melakukan pengamanan di 35 Gereja yang ada di Kabupaten Kudus selama 24 Jam. Selain itu Operasi Lilin Candi juga melakukan pengamanan perayaan tahun baru 2016 yang dipusatkan di Alun-Alun Simpang 7 Kudus, GOR Kudus dan depan DPRD Kudus.

Fasilitas yang ada di pos Operasi Lilin Candi diantaranya TV, Alat Komunikasi, Meja Kursi, Obat-obatan dan vitamin. Fasilitas ini juga bisa digunakan untuk pemudik yang melewati pos untuk sekedar beristirahat dan memulihan tenaga.

Personil yang disiagakan oleh POLRES Kudus dalam Operasi Lilin Candi 2015 sebanyak 300 personil yang siap siaga 1 dan personil cadangan stanby di kantor. Penjagaan dibagi menjadi 2 shift selama 24 jam, yaitu pukul 08.00 – 20.00 dan pukul 20.00 – 08.00. Untuk meningkatkan keamanan, kepolisian dibantu oleh TNI, Satpol PP, DISHUB, serta Pramuka. Sedangkan untuk pengamanan malam tahun baru semua personil baik Kepolisian, TNI, Satpol PP akan dikerahkan dipusat-pusat keramaian perayaan malam tahun baru.

IPDA M. Nasir selaku PAUR Humas POLRES Kudus saat didatangi isknews.com menyatakan “ untuk menciptakan keamanan dan ketertiban, masyarakat Kudus dihimbau untuk menaati peraturan yang ada, salah satunya dengan tidak melakukan konvoi kendaraan selepas malam tahun baru, tidak membawa petasaan, dan tidak membawa minuman keras maupun narkotika.”

‪#‎Adam

KOMENTAR SEDULUR ISK :