Penyalahgunaan Narkoba di Pati Didominasi Buruh Kasar

oleh

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Kapolres Pati, AKBP Maulana Hamdan melalui Kasat Narkoba, AKP Puji Raharjo mengungkapkan, mayoritas pengguna narkoba di Bumi Mina Tani, merupakan buruh kasar dan bukan dari kalangan menengah ke atas.

“Sebagian besar pemakainya justru dari golongan menengah ke bawah, atau tenaga kasar. Seperti yang pernah kami tangani itu kuli panggul ketela dan sopir. Kecenderungan mereka coba-coba,” terangnya, Rabu (11/10/2017).

TRENDING :  Dinas PMD Gelar Pembinaan dan Penilaian Posyandu Balita Tingkat Kabupaten Kudus

Kebanyakan pelaku yang berhasil diringkus dikisaran usia 30 – 45. Hingga, pertengahan bulan Oktober ini, AKP Puji membeberkan telah mengungkap sebanyak 19 kasus penyalah gunaan narkoba.

“Dari jumlah tersebut, sedikitnya 15 kasus sudah masuk ke meja hijau. Sementara, empat kasus sisanya belum disidangkan,” jelasnya.

TRENDING :  Buntut Kerusuhan, 13 Suporter Diamankan

Dalam kasus tersebut, imbuh dia, Kecamatan Juwana dan Pati Kota masih menjadi daerah dengan tingkat kerawanan yang paling tinggi.

“Karena apa, dua daerah tersebut merupakan tempat bertemunya orang dari berbagai daerah, dan memang cenderung ramai,” papar AKP Puji.

Ditambahkan, sebagian besar kasus yang berhasil diungkap merupakan pelaku dengan narkoba kurang dari satu gram. “Kebanyakan mereka masih pemain kecil, itu pun mereka konsumsi sendiri dengan cara iuran,” katanya.

Langkah antisipasi, tandas dia, pihaknya rutin melangsungkan razia di tempat hiburan. Dengan melakukan tes urine kepada pengunjung di tempat tersebut. Meski begitu, sampai saat ini pihaknya belum menemukan benda haram di lokasi hiburan. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :