Poktan Gondang Manis Diedukasi Cara Mengolah Hasil Panen Tanaman Obat

oleh -381 kali dibaca
Foto: Istimewa

Kudus, isknews.com – Bimbingan teknis Agribisnis untuk para petani poktan di Desa Gondangmanis kecamatan Bae tidak hanya memberikan teori di ruangan terkait tanaman obat. Namun juga peserta diajarkan praktek menanam dan mengolah hasil panen tanaman obat.

Seperti itulah program pelatihan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus yang dipimpin Catur Sulistiyanto S.Sos MM bersinergi dengan Balai Pelatihan Tanaman Soropadan Provinsi Jawa Tengah. Praktik pembuatan minuman herbal dibimbing oleh guru kuliner dari SMK AL Islam.

Para petani diajarkan bagaimana membuat sirup jahe merah, Sirup Kunyit Asam dan Beras kencur instan. Peserta yang mayoritas wanita tani antusias mengikuti praktek membuat minuman sehat. Sebab, selain untuk kesehatan keluarga juga menjadi sarana wirausaha. Sedang praktek menanam kencur , peserta mendapatkan materi dan pendampingan dari penyuluh pertanian BPP Kecamatan Bae.

“Kita ajarkan mereka untuk menanam di polibag dengan bahan tanam campuran tanah dan pupuk organik. Selanjutnya cara ini bisa dipraktekkan di kebun maupun halaman rumah masing-masing ,” terang Choirotun Salafiah, penyuluh pertanian BPP Kecamatan Bae. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :