Ponpes Darul Qur’an Nurul Abidin Kudus Sembelih 11 Hewan Kurban

oleh -1,566 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Santri Ponpes (Pondok Pesantren) Darul Quran Nurul Abidin Kudus, selama dua hari melakukan pemotongan hewan kurban, di hari perayaan usai sholat idul adha dan di hari pertama hari tasyrik,

“Kami melakukan penyembelihan di hari Senin (17/6/2024) dan Selasa (18/6/2024), yakni hari pertama dua ekor kambing disembelih dan delapan kambing serta satu kerbau disembelih hari kedua,” kata Kepala Pondok Pesantren Darul Qur’an Nurul Abidin, Ustadz Muhammad Khoirul Anam kepada awak media, Selasa (18/6/2024).

LInk Video Ponpes Darul Qur’an Nurul Abidin Kudus Sembelih 11 Hewan Kurban https://www.facebook.com/watch/?v=982658426509339

Hewan kurban itu, lanjutnya, berasal dari berbagai donatur. Mulai dari majelis dari Habib Bidin, relasi Habib Bidin, dan PT Sukun Wartono Indonesia.

Nampak sejumlah perewang sibuk memotong dan menguliti hewan kurban pasca disembelih. Ada juga yang bertugas membungkus daging hingga nantinya dibagikan ke sekitar dan maupun diantar ke para ulama dan masyarakat.

Jumlah perewang sendiri sekitar 30 orang, diantaranya dari anggota majelis, santri dan ustazd pondok pesantren. Adapun jumlah yang dibagikan ke warga sekitar Ponpes sebanyak 170-an bungkus dan juga dibagi ke santri sebanyak 70 orang.

”Pembagian langsung diberikan siang hari ini juga,” tutur Ustadz Muhammad Khoirul Anam.

Menurutnya, berkurban sebagai implementasi bentuk tanda cinta dan pengorbanan kepada Nabi Ibrahim.

Sejenak, mari melihat kembali keteladanan pengorbanan Nabi Ibrahim as karena kecintaannya kepada Allah Swt. Dia mantap dan ikhlas melaksanakan perintah Allah untuk menyembelih anak kesayangannya yang telah lama dinantikan, Nabi Ismail as. Saat perintah akan dilaksanakan, Allah gantikan Nabi Ismail dengan kibas (domba).

“Semoga ada keberkahan dari Allah SWT yang didapatkan dari kegiatan penyembelihan hewan kurban ini. Selanjutnya, pembagian hewan kurban itu bakal dibagikan hari ini,” terangnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :