Puluhan Desa Terima Bantuan Becak Motor Sampah

oleh -958 kali dibaca

 Kudus,isknews.com – (04/01) Sebanyak depalanpuluh lima desa dan kelurahan di kabupaten Kudus menerima bantuan berupa becak motor sampah dari pemkab. Puluhan armada pengadaan dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang tersebut diserahkan langsung bupati Kudus H.Musthofa di lapangan desa Rendeng Kecamatan Koisk9ta Senin ( 4 / 1 ).

Penyerahan disaksikan oleh seluruh kepala SKPD, para camat dan kepala desa serta kepala kelurahan setelah dilakukan penandatanganan serah terima perjanjian pinjam pakai oleh Sekda Noor Yasin kepada perwakilan kepala desa.

Bantuan becak motor sampah ini merupakan pinjam pakai dan bukan hibah. Karenanya kepada para kades dan lurah penerima diharapkan dapat mempergunakan dan melakukan perawatan dengan sebaik baiknya, pesan bupati H.Musthofa usai penyerahan kunci sepeda motor jenis roda tiga secara simbolis.

“Karena pinjam pakai adalah merupakan titipan sehingga kami minta para camat juga ikut bertanggungjawab dan sebagai koordinator agar bantuan ini dapat dimanfaatkan sesuai peruntukkannya “, ujarnya.

Dengan adanya becak motor sampah di desa maka diharapkan  sampah tidak dibuang sembarangan karena sudah ada armada pengangkut untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir ( TPA ) sampah.
Keberadaan becak sampah ini diharapkan dapat berjalan lancar dan tidak ada alasan lagi moda angkutan sampah ini berhenti dengan alasan tidak ada biaya operasional.

Untuk membiayai hal tersebut agar pemdes dapat memasukkan anggaran operasional dan perawatan kendaraan dalam APBDes. ” Kami menginstruksikan seperti itu dan kedepan kami minta para camat untuk mengedukasi dan memberi pemahaman kepada pemdes dalam penyusunan APBDes sehingga tidak menyalahi aturan” ungkapnya.

Sementara Plt.Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Sumiyatun menyatakan, jumlah becak motor yang diserahkan total ada 90 unit. 85 unit untuk desa dan kelurahan sedangkan sisanya 5 unit untuk depo sampah di kabupaten.

Dari 85 unit untuk pemdes dan kelurahan terbagi untuk desa kelurahan di sembilan kecamatan, terdiri 14 unit untuk desa di lecamatan Jati, 10 unit untuk kecamatan Bae, 24 unit untuk kecamatan Kota, 10 unit kecamatan Jekulo, 4 unit kecamatan Mejobo, 10 unit untuk kecamatan Kaliwungu, 3 unit untuk kecamatan Dawe serta untuk kecamatan Gebog dan Undaan masing-masing menerima bantuan 5 unit.

Dikatakan olehnya bahwa memang tidak semua desa dan kelurahan menerima bantuan becak motor sampah dengan pertimbangan melihat letak geografis masing-masing wilayah.”Pengadaan becak motor sampah ini dibiayai dari APBD tahun anggaran 2015 sebesar Rp 4 milyar 400 juta”, jelasnya.

“Dengan bantuan ini diharapkan dapat tercipta kondisi lingkungan yang semakin bersih sehingga program ” green and clean ” di kota kretek dapat benar-benar terwujud.
Tujuan akhirnya diharapkan tahun ini piala adipura dapat diraih kembali”, pungkasnya.(ES)

Sumber Humas

KOMENTAR SEDULUR ISK :