PW Muhammdiyah Siap Tampilkan Identitas Jawa Tengah Dalam Muktamar Ke 47 Di Makasar

oleh -842 kali dibaca

Semarang – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah akan memamerkan beragam budaya, baik kesenian maupun kerajinan khas Jawa Tengah pada Muktamar Muhammadiyah ke-47 yang diselenggarakan di Makasar pada 3-7 Agustus 2015 nanti. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Muhammadiyah Jawa Tengah Profesor DR Masrukhi saat beraudiensi dengan Gubernur Jawa Trngah H Ganjar Pranowo SH MIP di ruang kerja Kantor Gubernur, Jumat (24/7).

“Pentas seni akan menampilkan serambi  Bagelen dari Purworejo, hasil kerajinan Jawa Tengah juga ikut ditampilkan,” kata Masrukhi.

Menurut Masrukhi, tema budaya menjadi identitas Muhammmadiyah Jawa Tengah yang mempunyai 252 utusan pemilik suara dalam Muktamar tersebut. Oleh karenanya, dalam Muktamar nanti mereka akan mengenakan perpaduan batik yang ada di Jawa Tengah. Selain itu, gerakan budaya juga dibuktikan lewat rencana Musyawarah Wilayah (Muswil) Muhammadiyah Jawa Tengah di Kudus pada November nanti.

“Tiga bulan setelah Muktamar, kami akan menggelar Muswil di Kudus. Akan ada pentas wayang kulit dengan tujuh dalang dalam pembukaan Muswil. Sehingga kami harap kehadiran Pak Gubernur untuk membuka Muswil tersebut” Ujarnya.

Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP menyambut baik gerakan kultural yang diusung organisasi Islam tertua di Indonesia itu. Dirinya siap membantu bila utusan Muktamar Muhammadiyah Jawa Tengah memerlukan informasi kawasan wisata dan pendidikan di Jawa Tengah.

“Jika perlu referensi info wisata dan pendidikan budaya di Jawa Tengah kita siap buka lewat dinas,” kata Ganjar.

Dirinya berharap sukses Muktamar Muhammadiyah di Makasar diikuti juga sukses Muswil di Kudus. Ia juga akan selalu terbuka untuk berdialog dengan berbagai macam organisasi agama, termasuk Islam yang memiliki banyak organisasi.

“Selama ini tidak pernah menutup pintu, saya selalu terbuka terhadap masukan,” tuturnya.

Utusan Jawa Tengah yang dihadirkan ke Muktamar di Makasar akan diberangkatkan melalui Bandara Ahmad Yani lewat enam kloter. Keberangkatan utusan Jawa Tengah tersebut akan dilepas langsung oleh Ganjar pada 27 Juli 2015 nanti. (HJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :