Ratusan Siswa LP Yayasan Al-Islamiyah Kudus Ikuti Manasik Haji dan Takbir Keliling

oleh -1,434 kali dibaca

Kudus, isknews.com – sekitar 300 peserta didik keluarga besar Yayasan Al-Isamiyah Kabupaten Kudus yang terdiri dari Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT), Raudlatul Athfal (RA), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), mengikuti manasik haji dan takbir keliling. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (31/08) itu diselenggatakan oleh Yayasan Al-Islamiyah yang tempat pusat pendidikannnya di Jalan Universitas Muria Kudus (UMK), Desa Karangbener, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus.


Manasik dimulai pada pukul 15:00. Ratusan siswa-siswi yang didampingi guru pembimbing yang semuanya mengenakan pakaian ihram, berjalan kaki keluar dari halaman sekolah, menuju lokasi manasik di lapangan yang letaknya di seberang jalan sekolah. Di tanah lapang ini sudah dibuat replika Ka’bah, jumroh, tempat pengambil batu untuk melempar jumroh, juga Safa dan Marwah. Manasik berlangsung sekitar dua jam, puncaknya pada pukul 17:00, semua siswa itu bisa menyelesaikan rangkaian manasik haji dengan hikmat dan lancar.


Usai manasik, dilanjutkan dengan kegiatan takbr keliling, setelah didahui dengan shalat magrib berjamaah. Takbir keliling yang mendapat pengawalan mobil patrol dan pengawalan (Patwal) Polsek Bae itu, mengerahkan 10 mobil milik yayasan yang ditumpangi pengurus, dua kereta mini yang khusus diperuntukkan siswa-siswi dan guru pembimbing, dua mobil display, serta sepeda motor para orang tua siswa yang mengikuti dari belakang.
Secara keseluruhan, peserta takbir keliling itu sekitar 1000 orang, rutenya dengan mengelilingi desa-sesa di Kecamatan Bae, sebanyak tujuh desa. Berangkat dari sekretariat yayasan di Desa Karangbener, menuju ke Gondangmanis, Cendono, Bae, Panjang, Bacin, Pedawang, Gondangmanis dan kembali ke tempat semula. Total jarak yang ditempuh sekitar 7 kilometer. 


Menurut ketua panitia kegiatan, Suminten, manasik haji dan takbir keliling merupakan agenda tahunan Yayasan Al-Islamiyah, dilaksanakan setiap H-1 lebaran Idul Adha, pada sore hari hingga malam. Karena usai manasik haji dan takbir keliking masih ada serangkaian kegiatan hingga sampai sekitar pukul 22:00. Pada 2017 ini, kegiatan manasik haji dan takbir keliling, sudah terselenggara ke tujuh kalinya, sejak Yayasan Islamiyah didirikan pada sembilan tahun yang lalu. Tujuan kegiatan manasik haji, sebagai bekal kepada para siswa-siswi, sehingga jika sudah lulus nanti dan akan menunaikan ibadah haji, sudah mempunyai pengetahuan tentang haji. “Ibadah haji itu yang penting niat,” ujar Suminten yang didampingi wakil ketua panitia, Gigig Agus.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.