Ribuan Batang Bibit Pohon Ditanam di Kawasan Gundul Patiayam,”Ini Untuk Anak Cucu Kita,”

oleh

Kudus, isknews.com – Komitmen Bakti Lingkungan Djarum Foundation dalam menghijaukan lingkungan dan mengurangi dampak bencana alam serta pemanasan global terus dilakukan di berbagai daerah di Indonesia lewat program Djarum Trees For Life (DTFL).

Siang tadi bersama dengan Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo dan Kelompok Tani Hutan (KTH) Patiayam Rejo bersama-sama melakukan penghijauan dengan menanam ribuan pohon berbuah seperti Mangga, Alpukat, Durian, Jambu Bol, juga tanaman lainnya yakni Ekaliptus, Tabebuia rosea, Asam Jawa, Ketapang Kencana, Cassia Fistula dan Beringin di Bumi Perkemahan Ronggo Kusumo, Desa Klaling.

TRENDING :  Djarum Foundation Kembali Gelar Kejuaraan Bulutangkis Antar Media 2017

Vice President Djarum Foundation FX Supanji dan Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat memberikan secara simbolis ribuan bibit pohon kepada para petani Patiayam (Foto: ist)

Pada kata sambutannya FX Supanji, Vice President Djarum Foundation mengatakan, beberapa waktu lalu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sempat kaget setelah dirinya meminta foto kondisi pegunungan Patiayam.

“Beliau terkejut setelah saya kirim dan melihat kondisinya. Lalu timbullah pemikiran, kalau puncak-puncak gunung ini dihijaukan akan menghasilkan air dan meresap ke dalam tanah dan memberi pengairan pada kita semua juga tanaman yanga ada,” ujarnya, Rabu (15/01/2019).

Selain itu menurutnya juga akan dapat memberi kemakmuran bagaimana bagaimana mencapai tujuan itu kalau menanam saja tidak.

Kawasan Gundul Pegunungan Patiayam (Foto: YM)

“Akhirnya hari ini tadi sepakat mulai hijaukan Patiayam. Namun tetap ada lokasi-lokasi tertentu yang menjadi hutan lindung sehingga akan mengalirkan air yang bahkan bisa diminum, kami percaya keseimbangan ekosistem akan kembali dan tugas kita menjaga alam,” katanya.

TRENDING :  TLC Oleh Djarum Foundation Segera Dibangun

Dirinya berharap semua pihak mendukung kegiatan ini, karena ini untuk anak cucu.

“Anak cucu kita akan mengenang kita meskipun mungkin bisa saja kita sudah tidak ada. Semoga menjadi berkah,” tuturnya/.

Sementara itu Plt Bupati Kudus, H.M. Hartopo, pada sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepedulian lingkungan dari Djarum Foundation.

“Pegunungan di sini memang gundul, para perani menanam singkong yang adalah tanaman musiman bukan jenis pohon keras. Setelah panen, berkaitan dg keperluan ekonomi tiap 3 bulan ya dipanen,” ujarnya.

TRENDING :  12 Pasang Atlet Ganda Melaju Grand Final KBAM 2018 Di Kudus

Ssuai dengan anjuran pak Gubernur alangkah baiknya jika pohon yang ditanaman, buahnya dapat dipetik, menghasilkan namun pohonnya tettinggal sehingga tidak membuat sedimentasi yang membuat fungsi sungai tidak optimal dan memicu banjir.

“Jangan membuang ranting pohon di got ya, karena itu juga dapat menyebabkan banjir. Hari ini Pegunungan Patiayam ditanami pohon-pohon jenis tanaman keras, mudah-mudahan Kudus semakin hijau,” tandas dia.

KOMENTAR SEDULUR ISK :