Ruang Terbuka Hijau Didominasi Milik Pribadi

oleh -1,095 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mengklaim jumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH) sudah mencapai 30 persen sebagaimana regulasi yang ada. Akan tetapi, dari jumlah luasan RTH yang ada tersebut, masih didominasi oleh RTH privat atau milik pribadi masyarakat. Angkanya mencapai 20 persen dari total 30 persen yang diharuskan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara Fatkhurrahman mengungkapkan, penyediaan RTH di Jepara memang masih didominasi oleh sektor privat atau milik pribadi, sebanyak 20 persen dari luas wilayah kabupaten. Sementara fasilitas RTH publik milik pemerintah baru mencapai 10 persen. “Luasan 30 persen RTH memang sudah terpenuhi, hanya saja memang masih didominasi kepunyaaan pribadi,” kata Fatkhurrahman, Jumat (28/7/2017).

Fathurrahman menjelaskan, saat ini ruang terbuka hijau yang dikelola oleh pemerintah  sebesar 91.550,5 meter persegi. Guna meningkatkan penyediaan RTH oleh Pemkab Jepara, kedepan pihaknya akan memacu pembangunan fasilitas tersebut di tingkat kecamatan. Dalam waktu dekat, DLH merencanakan pembuatan taman baru di bekas asrama Polres di Jl Asrama Polres Jepara. Hal itu rencananya akan direalisasi pada tahun 2018. “Kita sudah mewacanakan untuk membangun fasilitas taman pada dua bekas lokasi pasar yakni Pecangaan dan Bangsri. Namun demikian berkait urusan pemindahan pasar tersebut bergantung pula pada instansi lain,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Kebersihan dan Pertamanan DLH Isnan Haryoko mengungkapkan, tahun ini pihaknya sedang fokus dalam penyempurnaan taman-taman yang telah ada. Ada lima taman yang saat ini dalam pembenahan, yakni Taman Sport Center, Taman Kanal, penambahan Gedung Gardu Pandang, Taman Kembang dan Taman di Welahan.

“Beberapa taman tersebut kita sempurnakan pembangunannya, baik penambahan tanaman maupun fasilitas lainnya. Keempatnya nilanya ada yang milyaran ada yang hanya ratusan juta. Semuanya sudah kita lelangkan,” jelasnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :