Sejumlah Komoditas Pokok di Pasar Tradisional Kudus Alami Penurunan Harga

oleh

Kudus, isknews.com – Sejumlah komoditas kebutuhan pokok masyarakat pada pertengahan bulan Ramadhan ini mulai mengalami penurunan harga. Pada awal bulan Mei ini, sejumlah harga sembako di sejumlah pasar tradisional terpantau turun harga.

Di Pasar baru Kudus, harga telur, dimana pada bulan April lalu dihargai Rp 24 ribu per kilogram, pekan ini turun menjadi Rp. 21 ribu per kilogram.

Hal itu disampaikan oleh Lastri pedagang sembako dipasar tersebut. menurutnya tak hanya telur ayam potong juga alami penurunan harga.

TRENDING :  Moda Wisata di Terminal Bakalan Krapyak, Becak Paling Sering Melanggar

“Ayam potong ras juga turut mengalami turun harga, posisi sekarang harga Rp 18 ribu per potong,” katanya.

Ilustrasi aktifitas sejumlah pedagang disebuah pasar tradisional di Kudus (foto: YM)

Kini rata-rata pedagang ayam potong ras mengeluh, salah satunya Supartini yang berjualan di pasar Baru. Dia mengaku sehari hanya laku dua hingga tiga potong, padahal membawa 10 potong ayam.

“Setiap hari saya berjualan mulai pukul 07.00 – 12.00 siang. Sebelum ada korona seluruh dagangan saya selalu habis, tapi akhir-akhir ini hanya laku sedikit. Puasa kali ini berbeda dengan tahun lalu, dulu laku keras tapi kini malah sepi,” kata dia, Senin (05/05/2020).

TRENDING :  UMKM Bisa Terbang Tinggi Jika Tertib Perizinan

Dia menambahkan, ketika sudah siang dan tidak ada pembeli serta barang masih, maka dagangannya dia obral dengan harga murah.

Sementara itu, Jumiati pedagang telur mengaku, harga sekarang turun drastis yakni hampir 4000.

TRENDING :  Alasan Dibangunnya Pasar Panggungrejo

“Awalnya telur dihargai Rp 24 ribu hingga Rp 25 ribu per kilogram, sekarang ini harga Rp 21 ribu per kilogram,” keluhnya.

Menurutnya, pembeli masih wajar, tidak terlalu sepi. Tapi biasanya, mengalami kenaikan mendekati Lebaran.

Sementara untuk harga beras saat ini masih normal yakni beras SS berada dikisaran harga antara Rp. 9.500 hingga Rp. 10.000 per kg. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :