Siap Siap, Bulan Depan Rumah Warga Miskin Penerima Dana Bantuan Sosial Akan Ditempeli Stiker

oleh

Kudus, isknews.com – Rumah-rumah warga miskin penerima dana bantuan social di Kabupaten Kudus tak lama lagi akan segera ditempeli stiker bertuliskan “Keluarga Pra Sejahtera (Miskin) Penerima Dana bantuan sosial dari pemerintah Kabupaten Kudus”.

Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) per Oktober 2019, Jumlah penerima bantuan sosial PKH, PBI, KIP, BPNT, dan RLTH yang jumlahnya adalah sebanyak sebanyak 225.294.KK.

Sekretaris Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kudus, Sutrimo, menyatakan pihaknya menyediakan 45 ribu stiker untuk ditempel di rumah warga miskin penerima bantuan dari pemerintah.

TRENDING :  Pentas Seni Pakudjembara, Demak Raih Penyaji Terbaik 1

Menurut Sutrimo, pemasangan stiker di rumah warga miskin itu rencananya akan dilakukan mulai awal bulan Februari 2020.

 “Sudah disetujui oleh Pak Bupati. Awal Februari nanti akan dilaksanakan,” jelas Sekretaris Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kudus, Sutrimo, Jumat (24/01/2020).

TRENDING :  Sabtu Depan CFN Libur dulu

Stiker itu nantinya diperuntukkan bagi masyarakat menerima bantuan sosial. Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Penerima Bantuan Iuran  BPJS (PBI), Rumah tidak layak huni (RTLH), dan pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Penerima bantuan dilarang mencopot stiker itu. Jika nekat, maka akan ada sanksinya. Yakni penerima dianggap mengundurkan diri.

TRENDING :  Komisi D Soroti Data Peserta JKN-KIS PBI Kudus Masih Perlu Pembenahan dan Validasi

“Apabila nanti sudah dipasang stiker, dan merasa malu dan mencopotnya berarti dianggap sudah mengundurkan diri,” Jelas Sutrimo.

Teknisnya petugas akan mendatangi rumah penerima Bansos. Kemudian melakukan penempelan stiker. Pertugas juga akan menandai stiker sesuai dengan kategori penerima bantuan.

Selain itu, pemasangan stiker ini didukung oleh Ketua DPRD Kudus Masan. Nantinya pada anggaran perubahan DPRD Kudus akan menganggarkan dana untuk menambah jumlah stiker tersebut.

”Pak Masan kemarin berkeinginan menambah jumlah cetak stiker tersebut. Nantinya dianggarkan pada perubahan,” katanya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :