SMP I Winong Kembali Torehkan Prestasi

oleh -1,181 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – SMP I Winong kembali sabet juara umum Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) tingkat Kabupaten Pati tahun ini. Bukan barang baru, sebelumnya pada tahun 2015 anak didik sekolah tersebut, menjadi finalis Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) tingkat Nasional bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan.

“Penelitian ilmiah memang menjadi satu di antara sekian upaya kami, untuk pengembangan potensi para siswa. Dengan begitu, mereka menjadi pribadi yang mumpuni dan berguna bagi nusa dan bangsa,” papar Kepala SMP I Winong, Teguh Sudadi, Rabu (02/08/2017).

Dia mengaku, secara khusus menyiapkan guru yang kompeten dibidangnya, untuk membimbing anak didiknya dalam melakukan penelitian ilmiah.

“Mereka kami dorong menemukan hal baru untuk diteliti dan diuji di laboratorium di Semarang, kemudian dianalisis kevalidan proses dan hasil dari penelitian,” ungkapnya.

Lanjut Sudadi, torehan prestasi yang sering diraih siswanya itu sebagai bukti bahwa, sekolah yang berada jauh dari pusat kabupaten, juga memiliki kualitas dan prestasi yang sama.

Diketahui, LPSN Pati 2017 berlangsung di SMP 3 Pati, Senin (31/07/2017). Sebanyak tiga tim kandidat dari SMP I Winong berhasil bersaing dengan sejumlah sekolah favorit, hingga mampu meraih juara.

“Gelar juara umum mampu kami raih, setelah tiga tim itu menjadi juara I di bidang lomba Teknik dan Rekayasa, juara II IPA dan Lingkungan, serta juara III Teknik dan Rekayasa,” jelas Sudadi.

Rinciannya, Fatiha Nurul Izzati, Nindi Sri Wahyuni, dan Sheiliandari Aprilia Kusuma, yang berhasil meraih juara I di bidang Teknik dan Rekayasa. Tim ini mengangkat tema penelitian ‘Pemanfaatan Limbah Biji Salak dan Kain Perca untuk Membuat Keset Pijat Refleksi’.

Sedang, tim peraih juara II di bidang IPA dan Lingkungan, terdiri atas Herfiza Silmi Kaffa, Agnes Indra Pratiwi, dan Henny Merry Astutik. Mereka membawa karya penelitian pembuatan kecap usus ayam dengan bantuan enzim bromelin dari buah nanas.

Terakhir, juara III di bidang Teknik dan Rekayasa, diraih Nabila Tsuroyya, Fauzi Luthfi Arif, dan Dimas Ananda Putra. Penelitian arang kulit nangka untuk membantu penyaringan air merupakan tema yang diusung kelompok ini. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.