Sulap Cangkang Keong Jadi Suplemen Ayam, Siswa PGRI Kayen Pati Sabet Penghargaan AISEEF

oleh -1,138 kali dibaca

Pati, Isknews.com – Siswa SMA PGRI Kayen Kecamatan Kayen Kabupaten Pati berhasil menciptakan inovasi dari cangkang keong sawah. Mereka sukses menyulap cangkang keong menjadi suplemen makanan untuk ayam petelur.

Dengan suplemen tersebut, dapat meningkatkan kualitas hingga kuantitas produksi ayam telur agar semakin tinggi.

Atas inovasinya tersebut, para siswa itu pun mendapatkan mendali emas dalam ajang Asean Innovative Science Environmental And Entrepreneur Fair (AISEEF). Yang mana penghargaan itu diberikan di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang pada 5 Februari 2024 lalu.

Adam Nughroho, salah satu siswa SMA PGRI Kayen yang terlibat penelitian mengatakan penelitian itu telah ia lakukan selama satu minggu. Bersama kedua rekannya, ia mengolah cangkang keong menjadi serbuk kecil berukuran nanometer untuk dicampur ke pakan ternak.

“Jenis keong yang kami gunakan keong emas. Selain banyak ditemui di sawah, keong emas banyak merugikan petani sebab tidak bisa dibasmi dan dimakan dagingnya,” ungkap Adam, Senin (12/2/2024).

Sementara itu, Kepala sekolah SMA PGRI Kayen Fitri Maria Ulfa mengatakan setelah ini pihak sekolah akan menjalin kerjasama dengan pabrik pakan ternak di Kabupaten Demak.

“Kita berharap dengan cara ini karya anak didik kami dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Kami juga akan selalu mendukung agar anak-anak bisa terus berprestasi. Baik di tingkat nasional maupun internasional nanti,” Harapnya.(Mel)

KOMENTAR SEDULUR ISK :