Susun Program Kerja, Dekranasda Kabupaten Kudus Bangkit

oleh
Rapat dipimpin oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disnakerperinkop UKM) Kudus, Bambang Tri Waluyo.( Foto : Istimewa )

KUDUS , ISKNEWS.COM – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kudus akan dibangkitkan kembali melalui program kerja tahun ini. Upaya ini ditunjang dengan adanya Kantor Dekranasda Kabupaten Kudus yang menempati eks Kantor Kecamatan Kota, Jl. Jendral Sudirman No. 279 Kudus. Penyusunan program kerja, lebih lanjut dibahas dalam Rapat Koordinasi Kepengurusan Dekranasda Kabupaten Kudus di Command Center, Kamis (04-07-2019). Rapat dipimpin oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disnakerperinkop UKM) Kudus, Bambang Tri Waluyo, sebagai Sekretaris Dekranasda Kabupaten Kudus yang dalam hal ini mewakili Ketua Dekranasda Kabupaten Kudus Hj. Rina Budhy Ariani Tamzil.


Wakil Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Kudus Endhah Sam’ani mengajak para pengurus untuk bekerjasama dalam mengangkat potensi produk kerajinan lokal ( Foto : Istimewa )

Dekranasda Kabupaten Kudus adalah organisasi wadah para pengrajin yang berdomisili di Kabupaten Kudus. Dekranasda dipimpin seorang ketua dengan kegiatan operasional dibantu oleh wakil Ketua, ketua harian, wakil ketua harian, sekretaris, wakil sekretaris dan bendahara, untuk kelancaran tugas sehari – hari dibentuklah sekretariat Dekranasda. Dekranasda mempunyai 6 bidang yaitu, Bidang Daya Saing Produk; Bidang Manajemen Usaha; Bidang Pameran dan Kerjasama Luar Negeri; Bidang Promosi, Humas dan Publikasi; Bidang Pendanaan; dan Bidang Kreatif.

TRENDING :  Mesin Produksi Hasil Revitalisasi Belum Siap, Masa Giling PG Rendeng Diundur

Adapun rencana program kerja Dekranasda tahun ini diantaranya, mengikuti pameran dan Dekranasda Carnival di Wonogiri pada Bulan Agustus, mengikuti JCC JAKARTA pada Bulan September. Sedangkan di kantor Dekranasda nantinya akan ditampilkan kerajinan berupa produk unggulan dari kabupaten. “Akan ditampilkan kerajinan-kerajinan yang layak jual dari kabupaten / kota, seperti akan kita tampilkan disana salah satunya kerajinan fiber dan resin. Produk-produk jenang. Kita tampilkan yang betul-betul limited edition,” kata Bambang.

TRENDING :  Polres Kudus Rutin Periksa Kesehatan Tahanan

Demi menunjang kinerja Dekranasda Kabupaten Kudus, diperlukan sarana dan prasarana yang memadai. Renovasi gedung dan kantor galeri Dekranasda yang akan dijadikan tempat kantor sekaligus menamilkan produk unggulan Kabupaten Kudus. Tahun 2019, rencana renovasi gedung Kantor dan galeri Dekranasda dengan estimasi anggaran sebesar Rp. 40.000.000. Kemudian estimasi anggaran pembongkaran pagar lama, pemindahan RPPJ dan pemasangan pagar lipat baru sebesar Rp. 25.000.000. Sehingga total anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp. 65.000.000.

Kepengurusan Dekranasda Kabupaten Kudus Periode 2018 – 2023 belum dilantik secara resmi. Oleh karena itu, pelantikan yang dijadwalkan tahun ini akan digabung dengan agenda Pemerintah Daerah Kabupaten Kudus. “Kemudian sesuai dengan petunjuk bu ketua dalam waktu yang tidak terlalu lama, kita akan mengadakan pelantikan. Intinya sambil menunggu petunjuk lebih lanjut dari ibu ketua, nanti akan kita atur lagi untuk pelantikan kita barengkan dengan kegiatan yang lain,” jelas Bambang.

TRENDING :  LOGUNG WISATA RAJA AMPATNYA KUDUS

Sementara itu, Wakil Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Kudus Endhah Sam’ani mengajak para pengurus untuk bekerjasama dalam mengangkat potensi produk kerajinan lokal. Menurutnya, masih banyak potensi yang belum terangkat ke publik karena belum adanya sarana promosi yang memadai. “Mari bersama-sama supaya Dekranasda Kabupaten Kudus gerak lagi. Potensi-potensi yang ciri khas Kudus ini sangat banyak, tapi kemarin-kemarin tidak ada sarana untuk mempromosikan ke publik,” katanya.( * )

KOMENTAR SEDULUR ISK :