Tak Hanya Lukisan, Pameran PAKU Tapak#3 Tuwuh Sajikan Patung dan Fotografi

oleh -237 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Pameran Tapak#3 bertemakan “Tuwuh” atau tumbuh kembali digelar oleh komunitas Perupa Kudus (PAKU), Selasa (23/03/2022) di Joglo Sawah, Gebog, Kudus.

Pameran ini bakal digelar selama dua minggu, tepatnya hingga 7 April 2022 mendatang.

Ada 37 karya yang dipajang pada pameran kali ini. Yang mana, 12 karya diantaranya berupa patung, 3 karya fotografi, dan 22 karya lukisan. Sejumlah karya tersebut dipersembahkan khusus dari 12 anggota komunitas PAKU.

“Pematungnya ada 4 orang, pelukisnya ada 7 orang, dan seorang fotografer,” kata Pimpinan Produksi Pameran, Solichin Sakini.

Tema Tuwuh sendiri dipilih sebagai tema kelanjutan dari pameran tapak#1 Uplik dan tapak#2 Mili. Tuwuh diartikan sebagai simbol hidup atau tumbuh yang dijadikan sebagai motivasi internal bagi para anggota.

Pun, menegaskan semua aktivitas pameran dalam Tapak #3 ini bahwa mereka seolah muncul lagi untuk menghidupkan. Sebuah semangat berkarya dan berpameran yang terhitung langka untuk kelas sebuah kota semacam Kudus.

“Ini juga sebuah proses perjalanan menuju The Great Exhibition,” tandasnya.

Tuwuh juga dapat diartikan sebagai kependekan dari metu wuh e, yang bermakna sudah berbuah atau makna lebih luasnya sudah menghasilkan.

Jika dalam siklus hidup berarti sudah mendekati kesempurnaan. Yaitu mulai dari biji atau tunas, proses tumbuh berkembang serta berbunga dan berbuah.

“Sebuah proses persembahan untuk kelangsungan kehidupan,” katanya.

Diharapkan, ke depannya nanti muncul seniman-seniman yang menjadi generasi baru yang lebih matang dala aspek teknik, media, dan wacana. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.