Tanggapi Akan Ada Pemadaman Saat Lebaran, PLN UP3 Kudus Pastikan Pasokan Listrik Aman

oleh
Sejumlah petugas lapangan PLN UP3 Kudus usai apel kesiapan alat dan personel di lapangan Getas Pejaten, Jati Kudus (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, PLN UP3 Kudus memastikan kepada masyarakat bahwa pasokan listrik berada dalam kondisi aman, hal tersebut disampaikan langsung oleh Manager UP3 Kudus, Darmadi, dalam acara gelar peralatan dan pasukan menjelang siaga lebaran tahun 2019 di Gedung Grha Mustika, Getas Pejaten, Jati, Kudus, Kamis kemarin (23/05/2019).

“Dipastikan selama Bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini, pasokan listrik di wilayah kerja PLN UP3 Kudus berada dalam kondisi aman. Siaga lebaran dilakukan sejak H-7 hingga H+7 lebaran, yaitu sejak tanggal 29 Mei 2019 sampai dengan 12 Juni 2019.” pungkasnya.

Selama waktu tersebut, PLN tidak melakukan pemadaman karena pekerjaan pemeliharaan jaringan listrik. Adapun untuk mengantisipasi apabila terjadi gangguan listrik karena hal yang tidak dapat diprediksi, seperti faktor cuaca dan alam, PLN menyiapkan pasukan khusus baik dari mitra kerja, maupun tim khusus PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) yang akan mengerjakan pekerjaan tanpa pemadaman.

TRENDING :  Perbaikan konektor Listrik di Jalan Wahid Hasyim

Personel pelayanan keandalan jaringan yang telah disiapkan berjumlah 314 personel yang akan standby 24 jam baik dengan mobil operasional maupun motor URC.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan mitra kerja untuk ikut standby selama Ramadhan dan Lebaran, terutama Mobil Crane dan petugas tambahan apabila terjadi keadaan emergency yang memerlukan penanganan segera,” ujar dia.

TRENDING :  Puluhan Siswa Ikuti Pelatihan Instalasi Jaringan Fiber Optik

Menambahkan pernyataan tersebut Sucipto, koordinator Kehumasan PLN UP3 Kudus menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir mengenai pasokan listriknya, yang jelas gunakanlah peralatan listrik dengan bijak dan aman.

“Jangan memperbesar MCB sembarangan, kebetulan saat ini PLN juga ada Program Diskon Tambah Daya menjelang Lebaran, Silahkan dimanfaatkan” Jelas Sucipto yang disampaikannya melalui pers rilisnya, Jumat (24/05/2019).

Ketika ditanya mengenai berita yang mengabarkan adanya pemadaman pembangkit selama Lebaran, Sucipto menjelaskan bahwa trend penggunaan listrik PLN secara total selama Lebaran akan mengalami penurunan karena banyak pabrik-pabrik tidak beroperasi, oleh karena itu PLN akan menyesuaikan kebutuhan listriknya.

TRENDING :  Mulai Ditempati, Kios Baru Pedagang Lentog Tanjung
Berpose bersama mobil crane, para petugas PLN Siaga selama masa Lebaran 2019 (foto: YM)

Untuk pelanggan-pelanggan Industri seperti pabrik-pabrik, itu biasanya tidak beroperasi karena meliburkan karyawannya, akan tetapi kebutuhan listrik rumah tangga akan meningkat.

“Kami yang bertugas di sisi distribusi listrik akan memastikan pasokan listrik di pelanggan tetap aman. Silahkan berkumpul bersama keluarga dan merayakan hari kemenangan dengan tenang” tandas Sucipto. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :