Tekan Angka HIV/Aids, Waria Pati Gelar VCT Mobile Geratis

oleh

 

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Tekan persebaran virus HIV/Aids di Bumi Mina Tani, puluhan Ikatan Waria Pati (Iwapa) gelar sosialisasi di Salza Convention Hall, Pati, Rabu (10/05/2017) malam. Selain itu, mereka juga mengadakan tes HIV/Aids dengan metode Voluntary Conseling and Testing (VCT) mobile.

Diketahui, menurut data Dinas Kesehatan Pati, dari tahun 1996 – Oktober 2016, tercatat ODHA di Pati mencapai 1.019 jiwa. Dari jumlah tersebut, sedikitnya 105 orang meninggal dunia akibat HIV/AIDS. Bahkan, pada akhir 2016, ditemukan kurang lebih 90 penderita baru.

“VCT mobil sangat akurat dalam mengetahui tersebarnya penyakit ini dalam tubuh. Sehingga, bagi penderita penyakit ini bisa diketahui lebih cepat,” ungkap Wakil Ketua Iwapa, Dinda saat ditemui awak media.

TRENDING :  Bocah 8 Tahun Positif Idap HIV/ AIDS Butuh Uluran Tangan Kita
TRENDING :  Bupati Pati Jualan Sembako di Pasar Murah

Uniknya, dalam sosialisasi ini masyarakat umum bisa mengecek kondisinya dengan melakukan VCT mobile, secara geratis. Sehingga, acara tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat Pati.

“Para waria Pati pun secara rutin dan berkala melakukan VCT mobile tiga bulan sekali. Kami juga mengadakan VCT bagi masyarakat yang mau mengecek kondisinya dalam acara ini secara geratis,” bebernya.

TRENDING :  Anak Durhaka Asal Pati Tega Gugat Ibu Kandungnya

Dalam gelaran ini, Iwapa bekerjasama dengan lembaa perempuan social dan pemberdayaan masyarakat Lapesdam NU. Serta didukung Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Pati.(Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.