Tiga Kandang Ternak Ayam Terbakar, Kerugian Capai 900 Juta Rupiah

oleh -1,151 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Sebanyak tiga kandang ayam pedaging di Desa Panggungroyom RT 05/ RW 01, Kecamatan Wedarijaksa, Pati, hangus terbakar, Jumat (04/08/2017) dini hari. Akibatnya, pemilik peternakan Suyono (58) dan Warsito (56) warga setempat, diperkirakan mengalami kerugian hingga Rp 900 juta.

“Milik saya sendiri diperkirakan mengalami kerugian mencapai Rp 500 juta, kalau pak Suyono mengalami kerugian Rp 300 juta. Wajar saja, satu kandang harganya Rp 200 juta itu belum termasuk pakan ternak, serta bibit ayam, ada yang berumur satu hari, ada yang satu minggu,” papar Warsito saat ditemui di lokasi.

Biasanya, lanjut dia, kandang ternaknya selalu ada petugas yang menjaga kandang. Hanya saja, saat musibah berlangsung petugas jaga tidak berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Yang jaga saat itu pergi, diperkirakan kebakaran terjadi sekitar jam 02.00 WIB. Kalau kandang saya satu terbakar ludes dan satunya terbakar 40 persen. Dan punya Suyono juga satu yang terbakar,” ungkapnya.

Selain menghanguskan tiga kandang, sedikitnya 25 ribu ekor ayam pedaging dengan umur kisaran 1 minggu dan satu hari di peternakan tersebut, musnah dalam musibah itu.

Sementara itu, Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan melalui Kapolsek Wedarijaksa AKP Sulistyaningrum mengatakan, sumber api diduga berasal dari tungku penghangat ayam yang tertiup angin, sehingga percikan apinya mengenai plastik kandang bambu.

“Bangunan kandang ayam berupa loss sebanyak tiga unit berbentuk tingkat dengan ukuran masing-masing loss berukuran panjang 40 meter dan lebar 30 meter. Dinding berupa bambu dan kayu bengkirai, alas bangunan tingkat berupa bambu, sedangkan alas dasar berupa plester,” jelasnya.

Tandas AKP Sulis, api awalnya membakar kandang ternak ayam milik Suyono, karena angin yang cukup kencang waktu itu, api merambah kandang milik Warsito yang berada disebelahnya. Sedikitnya, tiga unit Damkar diterjunkan untuk memadamkan amukan si jago merah. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.