Toilet Terminal Bus Induk Kudus Akan Direhab Standart Bandara

oleh -894 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Terminal bus induk Kudus, yang mendapatkan paket proyek dari Kementrian Perhubungan Komunikasi Informatika (Hubkominfo) pusat, diantaranya berupa pembenahan atau rehabilitasi tollet (kamar mandi/WC), yang standarnya seperti toilet bandar udara (bandara). “Terminal bus induk, tipenya sudah A, jadi sebutannya Terminal Tipe-A Kabupaten Kudus,” kata Suwarno SH, kepala terminal bus terbesar di Kudus itu.
Dihubungi isknews.com, Rabu (4/11), dia mengatakan, sesuai ketentuan atau peraturan yang berlaku, Terminal Tipe-A dalam pengeloloanya di bawah langsung Kementrian Kominfo pusat, sedangkan untuk Terminal Tipe-B, di bawah naungan Dishumkoninfo provinsi. “Di Kudus, selain Terminal Bus Induk, yang sudah tipe-A, adalah Sub Terminal Jetak, Kaliwungu.”
Paket proyek yang diperoleh dari kementrian pusat itu, ungkapnya lanjut, dalam surat yang diterima pihaknya, melalui Dishubkominfo Kabupaten Kudus, hanya disebutkan jenis dan volume paket proyeknya, tanpa disertai rancangan anggaran beaya (RAB) atau rincian beaya per proyek. Dengan kata lain, pihak terminal akan menerima proyek tersebut dalam bentuk yang sudah jadi, baik mulai dari material, sampai tenaga yang mengerkannya. “Kami hanya diminta untuk mengawasi pelaksanaan pengerjaan proyek tersebut.”
Mengenai jumlah proyek, selain kamar mandi/WC sebanyak 5 unit, yang akan direhabilitasi adalah tempat duduk penumpang, pagar pembatas pintu masuk dan keluar terminal, antara parkir bus dengan masyarakat pengguna atau penumpang bus, pengecatan seluruh fisik bangunan termimal, pemasangan lampu penerangan tempat parkir bus dan angkot, dan penataan lapangan parkir bus, yang di dalam areal parkir itu tidak diperbolehkan ada bangunan. “Jadi taman-taman yang ada di areal parkir bus itu, nantinya akan dibongkar,” jelas Suwarno. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :