Tujuh Desa Penyangga Situs Patiayam ini Masuk Kawasan Purbakala

oleh

Kudus, isknews.com – Wilayah penyangga situs patiayam yang masuk dalam kawasan purbakala terdapat di 7 Desa pada 2 Kecamatan. Diantaranya 2 di Kecamatan Dawe, yakni Desa Rejosari dan Kandangmas, 5 di Kecamatan Jekulo, yakni Desa Terban, Honggosoco, Klaling, Tanjungrejo dan Gondoharum.

Hal itu dikatakan Kabid Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus, Lilik Ngesti W kepada kepada awak media saat sosialisasi Museum Situs Museum Patiayam, Senin (16/11/2020) di @Hom Hotel Kudus.

Harapannya, aset dari 7 Desa tersebut pengembangan apapun yang dilakukan individu juga merujuk kepada bahwa dia mempunyai wilayah kawasan purbakala situs patiayam. “7 desa-desa ini karena dia punya Aset jadi harapannya pengembangan apapun yang dilakukan individu juga merujuk kepada bahwa dia mempunyai wilayah kawasan purbakala situs patiayam,” jelasnya

Jadi, lanjut Lilik, aset disana mempunyai budaya yang luar biasa untuk diangkat, nilai pentingnya dibuat kemasan yang cantik dan salah satunya bisa menjadi destinasi wisata baru.

Pihaknya juga sosialisasi terkait museum situs patiayam yang sudah menjadi penetapan katalog sebagai museum di tingkat nasional sejak tahun 2019, “Jadi kita perlu sosialisasikan pada tahun 2020 ini,” papar Lilik.

Terkait dengan kegiatan, Ia menjelaskan, tidak hanya bersifat pada perawatan tapi juga nantinya ada kajian seperti yang dilakukan oleh museum kretek kemarin, ada penelitian, seminar kemudian ada penetapan oleh Bupati terkait benda-benda yang ditemukan oleh teman-teman di lapangan yang menjadi kekayaan Kabupaten Kudus.

Diketahui, Koleksi di Museum Kudus ada 10 ribuan lebih, Cuma dalam perawatan belum maksimal karena keterbatasan SDM dan kendala lain. Menurut lilik, kualitas SDM yang bertugas di museum memang perlu ditingkatkan karena koleksi fosil purba semakin bertambah dari hasil temuan masyarakat dari kawasan Situs Patiayam. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :