Vaksin Campak Dan Rubella Dijamin Halal, Tuduhan Mengandung Babi Adalah Hoax

oleh -1,456 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Ada yang menarik dalam Sosialisasi Kampanye Imunisasi Campak Rubella yang digelar di Aula UPT Puskesmas Jekulo, karena pada kesempatan tersebut salah satu pembicara dr Joni menyampaikan bahwa tidak benar bahwa vaksin imunisasi Campak dan Rubella atau MR mengandung babi, “itu adalah hoax dan sama sekali tidak benar,” ujar dr Joni yang hadir mewakili Kepala Puskesmas Jekulo Kudus  dr. Emi Ruhyana ini. Kamis (27/7/17).

Menurut dr Joni di masyarakat memang ada orang-orang yang menolak vaksin atau anti vaksin terutama di kalangan religius. Biasanya mereka tidak mau anak divaksin karena dua alasan yaitu khawatir bahwa di dalamnya mengandung babi atau termakan isu lainnya.

“Dijamin vaksin anti virus ini tidak mengandung babi, diharapkan masyarakat sadar dan tidak mudah percaya pada informasi-informasi simpang siur yang beredar. Bila memang ada keraguan maka disarankan untuk bertanya pada ahlinya,” ujarnya.

Apalagi gerakan tersebut mengklaim bahwa vaksin yang digunakan mengandung babi yang diharamkan dalam Islam. Padahal, salah satu cara paling efektif mencegah penyakit berbahaya seperti campak rubella adalah dengan vaksin.

Seperti dilansir dalam laman Kementerian Kesehatan RI,Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktur Surveilans dan Karantina Kemenkes RI, dr. Elizabeth Jane Soepardi, MPH, Dsc, menjamin kalau vaksin campak rubella atau measles rubella (MR) 100 persen halal.

Keduanya halal 100%. Tidak ada babinya. Vaksin campak itu ditumbuhkan di janin ayam. Sedangkan vaksin rubella dikembangbiakkan di sel punca atau stem cell manusia. Jadi, tidak ada hubungannya dengan babi, jelas juru bicara kementerian kesehatan di laman tersebut.

sosialisasi kampanye Imunisasi campak Rubella yang digelar oleh UPT Puskesmas Jekulo di ikuti oleh sekitar 60 orang, h. Hadir dalam acara tersebut antara lain, Danramil Jekulo Kapten Inf. Purwadi, Kapolsek Jekulo yang diwakili oleh Wakapolsek Aiptu Nor Cholis, Kepala Puskesmas diwakili oleh Dr. Joni. dan Noor Hadi Sucipto bagian Imunisasi UPT. Puskesmas Jekulo, para Bidan dan tenaga Medis UPT Puskesmas Jekulo, perwakilan guru SD,MI dan TK se-Kecamatan Jekulo.

Dalam kata akhirnya dr Joni menyampaikan, Mari kita sukseskan Imunisasi Campak Rubella , agar anak-anak kita sehat dari penyakit. “Bahwa imunisasi campak dan Rubella ini sebagai bentuk perhatian serius dari pemerintah demi menyelamatkan generasi penerus bangsa,” pungkasnya. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :