Wacana New Normal di Kudus, Forkopimda Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan di Mal-Mal

oleh

Kudus, isknews.com – Wacana pemberlakuan New Normal seperti yang akan dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo setelah pemberlakuan situasi darurat dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk di wilayah Kabupaten Kudus. Mengharuskan semua elemen masyarakat, dunia usaha dan segala sektor baik ekonomi, sosial dan budaya memiliki kesiapan yang matang terutama dalam penerapan protokol krsehatan.

Kebijakan tersebut menitikberatkan penerapan protokol kesehatan di segala sektor termasuk di ruang-ruang publik, pasar dan mal.

Terkait hal tersebut Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo bersama unsur Forkopimda sore tadi dengan mengendarai sepeda motor mengecek penerapan protokol kesehatan di beberapa swalayan atau mal-mal di Kudus, Sabtu (30/05/2020).

TRENDING :  SDM Mulai Uzur Pemkab Kudus Giatkan Peningkatan dan Regenerasi Sumberdaya KUD

Hartopo menyampaikan Kabupaten Kudus telah bersiap menerapkan new normal. Hal tersebut dinyatakan setelah meninjau swalayan Ramayana, Ada, dan Hypermart terkait kebijakan protokol kesehatan yang telah berjalan.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo dan anggota Forkopimda saat meninjau kesiapan Mal terapkan protokol Kesehatan (Foto: YM)

Beberapa swalayan memberikan sekat di kasir dalam upaya menekan penularan Covid-19. Begitu pula pengecekan suhu tubuh pengunjung dan penyediaan tempat cuci tangan saat masuk swalayan.

“Kami melihat swalayan telah berupaya menerapkan protokol kesehatan dengan penyediaan tempat cuci tangan dan pemberian sekat di kasir. Kedepan kami akan terus memantau agar tempat publik benar-benar siap menjalankan kebijakan new normal,” ucapnya.

TRENDING :  OJK Resmikan Bank Wakaf Mikro Ponpes Futuhiyyah Mranggen Demak

Selain mengapresiasi, pihaknya mengimbau agar kebijakan pencegahan Covid-19 terus diperketat. Hal tersebut seperti pemantauan kapasitas pengunjung swalayan.

Apabila jumlah pengunjung swalayan melampaui batas, maka harus disekat. H.M. Hartopo juga meminta petugas keamanan dan pegawai swalayan terus mengingatkan pengunjung untuk memakai masker.

Peningkatan penerapan protokol diharapkan dapat mencegah meluasnya kasus Covid-19 menyusul new normal yang segera diterapkan.

TRENDING :  APBD Perubahan Diprioritaskan Kebutuhan Mendesak

“Meskipun telah berjalan baik, penerapan protokol kesehatan harus diperketat untuk mempersiapkan new normal diterapkan,” tuturnya.

Wakil dari salah satu manajemen mal di Kudus saat menjelaskan kepada unsur forkopimda tentang penerapan protokol kesehatan di area kerjanya (Foto: YM)

Pihaknya juga meninjau posko terpadu yang ada di swalayan. Keberadaan posko dimaksudkan untuk memantau pengunjung masuk dan keluar agar penerapan protokol kesehatan lebih maksimal. Penyesuaian dan kebijakan ini diharapkan dapat mengefektifkan penerapan new normal.

“Posko terpadu ini sangat membantu swalayan untuk memantau pengunjung agar lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Apalagi kebijakan new normal akan segera dilaksanakan,” paparnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :