Warga Bodeh Lakukan Kirab Merah Putih

oleh
Warga Bodeh Lakukan Kirab Merah Putih
Foto: Kirab merah putih beserta gunungan di Desa Bodeh berlangsung meriah. (Istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Perayaan Sedekah Bumi di Desa Bodeh Kecamatan Pucakwangi, Pati, Jumat (21-9-2018) berlangsun meriah.

Antausiasme warga desa setempat terlihat dari kekompakan mereka saat memeriahkan puncak perayaan sedekah bumi dan Khol Mbah Sholeh di Lapangan Sepak Bola. Ribuan warga berkumpul sesuai kelompok dengan berbagai atribut serta khas Jawa.

Tak ketinggalan para pelajar dan santri, dalam kirap para pelajar sekolah dasar membawa bendera merah putih, diikuti santri dengan melantunkan tembang-tembang rohani dan sholawat Nabi.

TRENDING :  DITINGGAL KE SAWAH RUMAH BESERTA ISINYA HABIS DILALAP SIJAGO MERAH

Menurut Kepala Desa Zamroni, kegiatan sedekah bumi yang dilakukan setiap tahun di desanya merupakan bentuk syukur atas limpahan hasil bumi yang diberikan oleh Tuhan.
Selain kirap merah putih, Dalam acara tersebut warga juga membawa gunungan yang berisi hasil bumi.

Warga Bodeh Lakukan Kirab Merah Putih
Foto: Kirab merah putih beserta gunungan di Desa Bodeh berlangsung meriah. (Istimewa)

Bahkan ada beberapa warga yang terjatuh karena berusaha untuk mendapatkan buah maupun sayuran yang diinginkan. Apalagi, banyak yang percaya, gunungan yang didoakan itu membawa berkah. Sehingga, ketika dijadikan bibit, tanaman akan tumbuh subur dan hasilnya bisa berlipat ganda.

TRENDING :  BPBD Pati Bersama Relawan Salurkan Air Bersih di wilayah Pucakwangi

Lanjut Zamroni, setelah gunungan dikirap, kemudian gunungan diperebutkan oleh seluruh masyarakat.

kebanyakan Masyarakat mengaku sangat senang karena sudah mendapatkan sayuran dan buah-buahan ketika rebutan gunungan itu.

“Kalaupun rebutan, kebanyakan masyarakat tetap ikut mengambil buah maupun sayuran, mereka beranggapan ini merupakan berkah dari Allah,” jelasnya.

TRENDING :  Hari Pertama Operasi Zebra Digelar, Ratusan Motor Di Pati Kena Tilang

Zamroni juga mengaku , sedekah bumi tersebut merupakan tradisi tahunan yang selalu dirayakan oleh seluruh elemen masyarakat Desa Bodeh.

“Kami harap, dengan mengarak hasil bumi beserta adanya hiburan masyarakat ini, semoga rezekinya semakin melimpah dan hasil bumi yang kami tanam semakin berkah,” pungkasnya. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :