Arpusda Gelar Sosialisasi dan Penyuluhan Kearsipan di Lingkungan Pemkab

oleh
ISKNEWS.COM
Foto: Peserta sosialisasi dan penyuluhan kearsipan saat menerima materi dari narasumber (istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kearsipan sangat terkait erat dengan upaya reformasi birokrasi yang bersih, profesional, berintegrasi, akuntabel dan melayani. Jika hal ini dapat diwujudkan, penyalahgunaan kewenangan publik oleh pejabat dapat dikurangi bahkan bukan tidak mungkin dapat dihilangkan.

Hal itulah yang membuat Pemkab Kudus melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (arpusda), mengadakan sosialisasi dan penyuluhan kearsipan di Aula Dinas Arpusda Wergu Wetan Kudus, Rabu-Kamis 7-8 maret 2018.

Kepala Dinas Arpusda Kabupaten Kudus, Masyudi, melalui staf bagian penganggaran, Moch Eko Budiono mengatakan, pentingnya kearsipan di bidang apapun, dari organisasi kecil sampai tingkat yang lebih besar. dalam hal ini kearsipan berperan aktif di suatu kabupaten khususnya di Kudus.

TRENDING :  Curi Motor, Pasutri Diringkus Polisi

“Mulai Bupati Kudus di awal periode sampai bupati sekarang, Mulai Perkembangan kretek di Kudus yang di temukan oleh H. Jamhari, semuanya ada di Arsip,” jelasnya.

Ditambahkan, kegiatan ini menurut peraturan bupati (Perbup) nomor 39 Tahun 2017, tentang Pedoman Kearsipan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus.

TRENDING :  Lima Rintisan Desa Wisata Belum Dapat Bantuan Tugu Identitas

Adapun tujuan di adakannya acara ini, lanjut Eko, dalam rangka melatih instansi terkait membina seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), dan unit yang pada akhirnya bisa meningkatkan Sumber daya manusia untuk pengelolaan kearsipan suatu desa.

Seperti halnya kemampuan pengelolaan kearsipan, terutama arsip dinamis maupun pemberkasan. Sehingga kedepan dokumentasi arsip dapat benar-benar dijadikan sumber informasi bagi mendukung terwujudnya pemerintah yang baik.

Selain itu, imbuh Eko, pentingnya peran pengelola kearsipan adalah terkait upaya meningkatkan mutu perumusan dan pelaksanaan kebijakan, maupun program kerja instansi meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Oleh karenanya, kemampuan aparatur yang profesional di bidang ini merupakan sebuah keniscayaan.

TRENDING :  SSR Aisyiyah Kudus Bekali Mitra CSO dengan Capacity Building for Cso in Communication and Advocation

Ia berharap kepada segenap pengelola arsip, khususnya di lingkungan Pemkab Kudus, untuk dapat menjadikan momentum ini, guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi penyelenggaraan manajemen kearsipan ditempat tugas masing-masing. (AJ/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :