KPU Pati Umumkan Daftar Pemilih Sementara Pilgub Jateng 2018

oleh
Foto: Ketua KPU Kabupaten Pati, Moch Nasich. (istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018 akan diumumkan kepada masyarakat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati, diharapkan masyarakat ikut mencermati DPS tersebut. Demikian dikatakan Ketua KPU Pati Moch Nasich di Kantor KPU Pati, Jum’at (23-03-2018).

Sesuai tahapan Pilgub Jateng 2018, KPU akan mengumumkan DPS mulai 24 Maret – 3 April 2018.

“DPS akan kami tempel di tiap balai desa dan tempat-tempat strategis di desa, dengan demikian masyarakat bisa dangan mudah mengakses. Yang lebih penting lagi, masyarakat mau mencermati DPS tersebut,” terang Nasich.

TRENDING :  “Gerakan Pengembalian Kesuburan Tanah” Di Desa Ronggo, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati

Dengan dipasangnya DPS disejumlah titik yang strategis diharapkan masyarakat ikut mencermati daftar tersebut. Jika nama calon pemilih ada yang salah atau bahkan tidak masuk DPS, yang bersangkutan bisa langsung menghubungi KPU Pati.

“Kalau ada data yang salah atau bahkan calon pemilih tidak masuk DPS, bisa segera menghubungi kami di kantor KPU. Tetapi syaratnya harus sudah mempunyai KTP Elektronik atau minimal Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan Disdukcapil,” jelas Nasich.

TRENDING :  KPU Beri Kemudahan Akses Bagi Difabel Dalam Pilgub Jateng 2018

Tidak menutup kemungkinan, imbuhnya, ada kesalahan dalam memasukkan data ke dalam DPS. Oleh karenanya KPU sangat membutuhkan peran aktif masyarakat.

Seperti diketahui, DPS untuk Pilgub Jateng 2018 di Kabupaten Pati berjumlah 1.028.454 pemilih, dengan rincian pemilih pria sebanyak 505.438 orang dan pemilih perempuan berjumlah 523.016. Jumlah tersebut terdiri dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Pati.

TRENDING :  Sudirman Said Siap Bertarung di Jateng

Jumlah DPS ini kemungkinan akan berubah dengan dilakukannya penetapan daftar pemilih tetap nantinya. KPU Pati akan mendorong Disdukcapil guna melakukan perekaman KTP elektronik atau menerbitkan Suket bagi yang belum memiliki.

“Karena dalam pemungutan suara nanti pemilih tidak hanya membawa undangan, tetapi wajib membawa KTP Elektronik atau Surat Keterangan (Suket) dari Disdukcapil.” pungkas Nasich. (IN/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :