Peringati HPN, Paguyuban Wartawan Jepara Gelar Ruwatan

oleh -1,179 kali dibaca
Hari Pers Nasional
Foto: Pawarta menggelar ruwatan untuk memperingati HPN di depan Pendopo Kabupaten Jepara. (Zacky/ISKNEWS.COM)

Jepara, ISKNEWS.COM – Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018, Paguyuban Wartawan Jepara (Pawarta) menggelar ruwatan. Prosesi ruwatan ini dilakukan di depan Pendopo Kabupaten Jepara, Jumat (09-02-2018) pagi. Sejumlah peralatan kerja para wartawan di jamas dengan prosesi Jawa.

Ritual ruwatan ini dipimpin oleh Rhobi Sani wartawan Medcom.id. berbagai alat-alat liputan berikut kartu pers di ruwat dengan nembang macapat dan menaburkan bunga setaman. Prosesi berakhir dengan laku lampah. Acara tersebut bertujuan mengingatkan marwah pewarta sebagai penyambung lidah rakyat.

Setelah prosesi, beberapa wartawan menyempatkan diri membaca puisi sambil diiringi musik akustik. Tak mau kalah, wartawan senior sekaligus peneliti RA Kartini, Hadi Priyanto turut menyumbangkan sebuah geguritan.

Setelah seluruh rangkaian ruwatan rampung, acara dilanjutkan dengan kembul bujana atau selamatan yang diadakan di Pendapa Paseban. Turut hadir dalam kegiatan itu Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi.

Dalam kesempatan itu, Marzuqi berharap, insan pers di Jepara bisa semakin profesional dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistiknya. “Selamat Hari Pers, semoga bisa terus bersinergi antara pers dan pemerintah.

Ketua PWI Jepara, Budi Santosa mengatakan, acara ruwatan ini digelar agar seluruh wartawan yang bekerja di wilayah Jepara terhindar dari aksi kekerasan.

“Acara itu merupakan upaya dari paguyuban untuk mengingatkan tugas utama seorang wartawan,” ujarnya.

Lebih lanjut Budi menyebut, momentum HPN ini sebagai momen bagi wartawan di Jepara untuk mengevaluasi diri dalam menjalankan profesi. Menurutnya, wartawan juga harus senantiasa menyesuaikan dengan revolusi jurnalistik, agar bisa menyesuaikan dengan kondisi tersebut. (ZA/AM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :