Samakan Persepsi Tentang Pengelolaan Dana Desa, Dispermades Gelar Sosialisasi.

oleh
ISKNEWS.COM
Foto: Saat kabid pembangunan desa memberikan pemahaman tentang aturan pengelolaan dana desa. (Wibawa Jarot/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Bertempat di Kantor Disperades (Dinas pemberdayaan masyarakat desa) Kabupaten Pati, Sosialisasi pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2018 bagi semua Camat dan Kepala Desa digelar.

Dengan menghadirkan perwakilan Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Pati, Dispermades ajak samakan persepsi tentang pengelolaan Dana Desa.

Kepala Dispermades Kabupaten Pati, melui Kepala Bidang Pembangunan Desa, Sunaryo, Menuturkan penyamaan persepsi tentang pengeloaan Dana Desa (DD) sangat penting dilakukan. Tentunya, dengan berpedoman kepada Permendes (Peraturan mentri Desa).

TRENDING :  'Ndaut' Menjadi Pemandangan, Yang Menarik Di Musim Awal Tanam Padi

“Memang persamaan persepsi perlu dilakukan, jika tidak disamakan ditakutkan jalannya pengelolaan DD dari Desa satu ke Desa lainnya tidak sama. Kita harus berpedoman terhadap aturan dari pusat, bahwa pengelolaan DD harus mengacu dengan aturan Permendes no 19 tahun 2017, tentang penetapan prioritas penggunaan DD tahun 2018.” ujarnya. Senin (12-03-2018).

TRENDING :  Pemdes Tambahsari Gelar Uji Komputer Untuk Menjaring Calon Staf Keuangan
ISKNEWS.COM
Foto: Suasa sosialisai di kantor Dispermades. (Wibawa Jarot/ISKNEWS.COM)

Lanjutnya, Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 mentri menganjurkan pengelolaan Dana Desa (DD) yang dikelola Desa 30 persennya untuk kegiatan padat karya.

“Berdasarkan SKB 4 Menti, DD yang di kelola oleh Desa minimal 30 persennya untuk Kegitan padat karya, sedangkan pengelolaan DD tahun 2018 masih ada dua yaitu untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.” imbuhnya.

TRENDING :  O_KEM Pesantenan Turun Kejalan Menggalang Dana Peduli Banjir

Adanya sosialisasi tersebut, Dispermades Kabupaten Pati menyimpulkan, dengan menyamakan persepsi semua permasalahan yang ada di Desa – Desa tentang pengelolaan Dana Desa dapat teruraikan, dengan menjelaskan secara detail aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. (WJ/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :