Tiga Putusan Menteri Susi Ini Buat Nelayan Cantrang Lega

oleh
Foto: Pertemuan pengurus ANNI serta perwakilan tokoh nelayan cantrang dengan Presiden Jokowi dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Rabu (17-01-2018). (Istimewa)

Rembang, ISKNEWS.COM – Perjuangan ratusan ribu nelayan cantrang yang menggelar aksi damai di kawasan Tugu Monas, Jakarta, bersambut baik, Rabu (17-01-2018) kemarin. Kini cantrang dibolehkan lagi untuk menangkap ikan setelah dikeluarkannya tiga keputusan yang diucapkan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Humas Asosiasi Nelayan Rembang, Dampo Awang Bangkit Murtadlo yang turut pergi ke Jakarta menginformasikan, ada sebanyak tiga putusan Presiden Jokowi terkait hal tersebut.

TRENDING :  Kartini Cup 2017 Bertujuan Cari Bibit Baru

Pertama, operasional cantrang dilanjutkan tanpa batas waktu dan ukuran. Selanjutnya, tidak boleh ada tambahan kapal cantrang. Terakhir, bagi yang berniat untuk mengganti alat tangkap ikan selain cantrang dipersilahkan mengajukan bantuan dana melalui kepala daerah.

TRENDING :  Pasokan Ikan Minim, Pedagang Memilih Tak Buka Lapak

“Kebijakan tersebut tentu disambut penuh antusias oleh nelayan cantrang,” terang Murtadlo.

Namun demikian, ia mengatakan perjuangan para nelayan cantrang belum berakhir. Mengingat, satu hal penting belum terakomodir yakni, nelayan cantrang butuh payung hukum agar lebih leluasa dalam bekerja.

“Asosiasi Nelayan Indonesia (ANNI) mewakili seluruh nelayan minta supaya cantrang dilegalkan kembali,” cetusnya.

TRENDING :  Gerah, Bupati Inginkan Semua Ruangan RSUD Dilengkapi AC

Tiga keputusan tersebut didapat, lanjut Murtadlo, setelah pertemuan pengurus ANNI beserta perwakilan tokoh nelayan cantrang dengan Presiden Jokowi, yang saat itu didampingi langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan beberapa Bupati di Istana Presiden, kemarin. (RTW/AM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :