1.395 Calhaj di Kudus Jalani Praktik Manasik Haji tingkat Kabupaten

oleh -1,094 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sebanyak 1.395 calon jemaah Haji di Kudus mengikuti praktik manasik haji bagi calon jamaah haji tahun 2024. Adapun dari lokasinya di Gedung Jamiyyatul Hujjah Kudus (JHK) menuju Simpang Tujuh Kudus, Rabu, 15 Mei 2024.

Targetnya  para calon jamaah haji memahami tata cara ibadah haji, sehingga menjadi haji yang mabrur. Praktik ini meliputi  doa-doa, niat, manasik haji sampai rukun-rukun haji.

“Manasik haji, doanya apa dan tahapannya itu wajib dikuasai, terutama saat praktik haji, karena membutuhkan fisik yang maksimal,” kata Kasi Haji dan Umrah, Asrul Fathi kepada isknews.com

“Dari sisi teori, pengetahuan keilmuan manasik sudah diberikan. Maka kami tidak menginginkan jamaah haji hanya sekadar memahami dari sisi teori ilmunya tapi kita lengkapi dengan praktik manasik. Sehingga kita pastikan seluruh jamaah haji saat ibadah haji di tanah suci sudah  memahami betul,” papar Asrul.

Diketahui, Calon haji Kudus rencananya tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 67, 68, 69, 70, dan Kloter 71.

Kloter 67 bakal berangkat satu rombongan dengan Calhaj dari Kabupaten Demak, sementara Kloter 71 bergabung dengan Calhaj dari Kabupaten Jepara.

Sedangkan kloter haji pertama yang terbang ke Tanah Suci tahun ini berangkat pada 11 Mei. Jemaah asal Kudus dimungkinkan baru bisa berangkat pada akhir Mei.  (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :