5 Pasar di Kudus Akan Dibuatkan Amdal Lalin

oleh -1,090 kali dibaca

KUDUS, isknews.com- Lima pasar di Kabupaten Kudus, dibuatkan Analisis Manajemen Dampak Lingkungan (Amdal) Lalu Lintas (Lalin). Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (DPPP) Kabupaten Kudus, telah merencenakan hal itu, terkait belum tersedianya tempat parkir yang memadai di pasar-pasar yang bersangkutan sekarang ini, sehingga sebagian besar pengunjung yang membawa kendaraan bermotor, terpaksa harus parkir di pinggir jalan di sepanjang pasar tersebut.

Kellma pasar yang akan dibuatkan Amdal Lalin tersebut, adalah Pasar Kliwon, Pasar Sidorekso dan Pasar Karangampel di Kecamatan Kaliwungu, Pasar Besito (Gebog) dan Pasar Ngembalrejo , Kecamatan Bae.
Hal itu terungkap pada penambahan anggaran belanja daerah APBD Kabupaten Kudus Tahun Anggaran (TA) 2015 pasca perubahan, pada DPPP Kabupaten Kudus, sebesar Rp 25,170 miliar, oleh Komisi B DPRD Kabupaten Kudus. Anggaran sebesar itu, dialokasikan untuk pengembangan pasar dan distribusi barang/produk, termasuk pengadaan container sampah yang akan ditempatkan di Pasar Kliwon.

Pantauan isknews.com, di sekitar Pasar Kliwon, Kamis (17/9), karena letak pasar yang bagian depan menghadap jalan protokol yang cukup ramai, pengunjung pasar harus pandai-pandai mencari tempat parkir, terutama yang membawa mobil. Bagi pengunjung yang tidak kebagian tempat parkir di halaman Pasar Kliwon, terpaksa harus memarkirkan mobilnya di tepi jalan, sehingga mengurangi lebar jalan bagi
lalu lintas kendaraan yang melewati jalan tersebut. Dengan adanya rencana pembuatan Amdal Lalin, diharapkan masalah tersebut bisa diatasi, demikian pula dengan yang terjadi di empat pasar lainnya.

Dalam uraian anggaran yang besarnya sebagaimana disebutkan di atas, semuanya memang diperuntukan revitalisasi pasar, dengan bentuk kegiatan yang sesuai kondisi terakhir pasar, bahkan masih ada yang dalam tahap perencanaan, yakni pembangunan Pasar Wergu, yang nantinya akan digunakan merelokasi para pedagang Pasar Burung. Sedangkan pasar yang akan dibangun kembali, adalah Pasar Besito, dan Pasar Karangampel, dan yang direvitalisasi ada sebanyak 14 pasar. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :