540 Peserta Adu Cakap dan Trampil di Ajang Pesta Siaga Kabupaten Kudus

oleh

Kudus, isknews.com – Sebanyak 540-an pramuka siaga, ceria dan semangat mengikuti Pesta Siaga Kwartir Cabang Kudus 2020, Minggu (23/2/2020). Kegiatan yang dihelat di kompleks Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kudus ini dibuka Ketua majelis gerakan pramuka cabang Kudus HM. Hartopo, (Plt. Bupati Kudus).

Peserta upacara pembukaan merupakan perwakilan kwartir ranting dari 9 pleton Pramuka. Pesta Siaga tahun ini mengangkat tema Ramah, Peduli dan Ceria.

HM Hartopo dalam sambutannya, menegaskan, Pesta Siaga ini merupakan kegiatan bagi pramuka siaga untuk bisa mengekspresikan prestasi mereka. ”Yang penting gembira. Kalau pesta siaga tidak lomba, tapi bergembira bersama-sama,” terangnya.

TRENDING :  Meriahnya Kirab Budaya Amboja Abiyoso Menawan Kudus

Kekompakan, kerukunan dan kekeluargaan yang demikian erat pun terpancar dari Pramuka Siaga kita ini. Kiranya kesadaran kita akan senantiasa terpanggil untuk membina dan mendidik mereka, dan merekalah merupakan masa depan bangsa dan negara kita ini.

Usaha kita dalam membina, kesempatan berkembang, akan menjadi bekal bagi mereka untuk membangun bangsa yang berkarakter, yaitu bangsa yang cinta tanah airnya. Hal Ini juga merupakan sebuah bentuk tanggung jawab gerakan pramuka kepada para orang tua yang telah mempercayakan putra-putrinya kepada pembinaan Gerakan Pramuka.

TRENDING :  TERCYDUK! Asyik Pesta Miras Remaja Digelandang Polisi

“Berkaitan dengan kesadaran itu, maka kita perlu mengenalkan gerakan pramuka kepada anak-anak sejak dini. Saya berpesan pada kalian semua bahwa tugas utama kalian saat ini adalah belajar dengan tekun dan rajin, selain itu, sebagai pramuka Siaga, tentu kalian harus benar-benar melaksanakan Dwi Satya dan Dwi Dharmamu, karena keduanya merupakan kehormatan dan moral setiap Pramuka Siaga.” Pesannya.

Pesta siaga ini, lanjutnya, akan melatih kalian untuk mengamalkan semua itu oleh karena itu ikuti semua kegiatan dengan sebaik-baiknyaa, rebutlah prestasi dengan bersaing secara sehat, bersemangat, bergembira, kebersamaan, penuh dan kekeluargaan antar teman maupun antar barung peserta, “Insya Allah kalian akan menjadi insan-insan yang didambakan dan dibanggakan oleh orangtua, keluarga, bangsa rasa kerukunan dan negara kita,” harapnya.

TRENDING :  Pembagian Nasi Bungkus Haul Sunan Muria Disambut Antusias Warga

Semantara itu, Sudjatmiko selaku Ketua Kwarcab Kudus menyatakan bahwa, pelaksanaan kegiatan pesta siaga dimaksudkan sebagai sarana memberikan wadah yang terarah bagi peserta didik, sehingga diharapkan pramuka siaga dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, serta mengembangkan dirinya. ”Upaya ini juga dalam rangka penanaman sikap disiplin, patriotisme, dan cinta tanah air bagi generasi bangsa,” tegasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :