8 dari 9 Sampling Hewan Ternak di Kudus Hasil Uji Lab Balai Veteriner Positif PMK

oleh -877 kali dibaca
Ilustrasi suasana di pasar hewan Kudus jelang Idul qurban tahun ini (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Dinas Pertanian atau Distan Kabupaten Kudus menyebutkan jumlah hewan ternak positif  terjangkit Pemyakit Mulut dan Kuku atau PMK adalah sebanyak 8 kasus dari 9 sampling yang diuji laboratorium di Balai Veteriner Wates Yogyakarta dinyatakan positif.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kudus Agus Setiawan menyebutkan, delapan sapi yang dinyatakan positif PMK tersebut, satu di Desa Menawan, enam di Desa Karangbener, dan satu lagi di Desa Ternadi PMK.

“Totalnya ada delapan. Di Desa Ternadi itu ada dua sapi, satu positif PMK, satunya negatif PMK. Keseluruhan hasil itu setelah diambil tes darah oleh Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta,” katanya, Selasa (24/5/2022).

Pihaknya mengatakan, saat ini kedelapan sapi itu berada di masing-masing kandang milik peternak. Tiap-tiap sapi yang positif PMK akan diisolasi supaya tidak menyebar.

“Kami lakukan isolasi supaya tidak menyebar. Peternak juga saya minta untuk menyemprot kandang dengan bahan Asam Cuka dan Kapur untuk antisipasi virus,” sambungnya.

Dia menambahkan, saat ini hewan ternak di tiga desa tersebut juga terus di-monitoring. Selain itu juga diberi obat dan vitamin.

“Tiga desa tadi. Desa Menawan, Desa Ternadi, dan Desa Karangbener kami terus monitoring dan berikan obat seperti vitamin,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala UPT Puskeswan, Drh Anton Cahyono menyampaikan kondisi terakhir delapan sapi tersebut. Menurut dia kondisinya sudah mulai membaik.

“Kondisi hewan-hewan tersebut membaik. Kakinya juga masih bisa berdiri dengan baik. Selain itu nafsu makannya juga sudah membaik,” terangnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.