800 Undangan Akan Hadiri Pelantikan 45 Anggota DPRD Kudus Besok

oleh

Kudus, isknews.com – Sejumlah karangan bunga mulai berdatangan di halaman gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus, mereka memberikan ucapan selamat kepada 45 anggota DPRD Kudus yang dijadwalkan akan dilantik besok.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris DPRD (Sekwan) Kabupaten Kudus Rahma Hariyanti memastikan besok pagi Rabu (09/08/2019) 45 anggota DPRD Kudus  terpilih Pemilu 2019 akan dilantik. Sebanyak 800 undangan telah disebar oleh pihak sekretariat DPRD dalam perhelatan yang akan mangawali masa bhakti anggota baru periode 2019-2024.

Suasana persiapan pelantikan anggota DPRD Kudus yang baru, sejumlah karangan bunga mulai berdatangan memberikan ucapan selamat (Foto: YM)

“Rencananya pelantikan akan dipimpin oleh Kepala Pengadilan Negeri Kudus dan dihadiri oleh Plt Bupati Kudus, Forkopimda dan para kepala OPD beserta isteri serta tokoh masyarakat,” terangnya, Selasa (20/08/2019).

TRENDING :  Bupati Kudus Tandatangani KUA-PPAS

Dengan 800 undangan, lanjut Rahma, ruangan sidang Paripurna yang ada di lantai 3 tidak akan menampung para undangan.

“Sehingga rapat paripurna dengan agenda pelantikan akan dipindahkan di aula lantai bawah agar bisa menampung seluruh undangan. Hari ini sekertariat DPRD sedang menggelar gladi bersih,” katanya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan keamanan, “rencananya akan ada 130 personel keamanan baik dari Polres, Satpol PP hingga Linmas yang akan ikut melakukan pengamanan acara pelantikan,” kata dia.

Disinggung mengenai persiapan dana purnabhakti, Rahma memngatakan, Sekretariat DPRD Kabupaten Kudus menyiapkan anggaran sekitar Rp 450 juta untuk dana purnabhakti 45 anggota DPRD Kudus periode 2014-2019 yang akan mengakhiri masa jabatannya pada 21 Agustus mendatang.

TRENDING :  Aktifis Forum Penyelamat Kudus Berencana Lakukan Aksi Save Tamzil Dan Dirikan Posko

“Anggaran tersebut mengacu kepada  Peraturan Pemerintah (PP) No 18 Tahun 2017 tentang  Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Sebagai bentuk jasa pengabdian bagi Anggota DPRD Kudus. Anggaran itu sesuai aturan, kita sudah siapkan di APBD 2019,” ujar dia.

Rencananya anggaran tersebut dibagikan kepada 45 anggota DPRD Kudus yang purnabhakti. Tak terkecuali juga bagi anggota dewan yang kembali terpilih juga tetap mendapatkan uang pensiunan tersebut.

TRENDING :  Sosialisasi Empat Konsensi Kebangsaan, bersama Anggota DPR RI Firman Subagyo

”Jadi semua anggota dewan periode 2014-2019 akan mendapatkannya baik yang tidak terpilih maupun yang terpilih lagi,” tambahnya.

Terkait jumlah yang akan diterima, dikatakan Rahma sesuai ketentuan sebesar 6 kali uang representasi bagi anggota yang full 5 tahun menjabat. Sementara, yang menjadi anggota PAW, juga tetap mendapatkannya meski jumlahnya berbeda.

”Besarannya berbeda-beda tergantung jabatan dan masa kerja. Ada perhitungannya sesuai PP 18/2017.  Kisarannya ya sekitar Rp 10 juta per anggota,”tandasnya.

Hal itu juga ada perbedaan terkait jabatan. Namun perbedaannya tidak begitu signifikan. “Ketua , Wakil sama anggota itu berbeda,Ada perhitungannya sesuai PP 18/2017,” terangnya

Lebih lanjut, kata Rahma, dana purnabhakti itu akan diberikan setelah pelantikan anggota DPRD periode 2019-2024. ” Setelah selesai menjabat, atau setelah pelantikan anggota dewan baru, semua akan diberikan kepada 45 anggota dewan,” katanya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :