Akibat Sering Diguyur Hujan Tiap Sore, Petani Undaan Tunda MT Palawija

oleh -933 kali dibaca

Kudus, isknews.com – (15/6) Setelah panen padi kini kawasan Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus memasuki Musim Tanam (MT) Palawija, pada musim palawija ini para petani menanam jenis tanaman palawija seperti jagung, kacang – kacangan, kedelai dll.

Meskipun telah memasuki musim tanam palawija, para petani mau tidak mau menunda penanaman palawija akibat sering diguyur hujan  setiap sore sehingga mengakibatkan tanah yang akan ditanam palawija itu basah dan para petani menunggu meskipun belum tau secara pasti kapan tanah disawah itu kering.

Berdasarkan pantauan oleh isknews.com memang beberapa hari ini kawasan Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus setiap sore sekitar pukul 14:30 – 16:00 wib sering diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Akibat menunggu tanah yang masih basah hingga kering itu salah satu petani Undaan  Sawijan yang memiliki sawah diwonosoco kecamatan Undaan Kabupaten Kudus saat ditemui isknews.com berkeluh kesah dikarenakan belum bisa tanam palawija sehingga mau tidak mau menunggu hingga tanah kering seperti petani lainnya.

“Ya mau gimana lagi mas, setiap sore itu disini sering hujan gerimis dan terkadang juga hujan lebat hingga tanah basah. Jika tanah yang basah ditanami palawija maka tanaman itu secara otomatis mati tidak mau tumbuh” jelasnya.(SM)

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :