Angin Puting Beliung Terjang Undaan: Di Glagahwaru Atap Ratusan Rumah Warga Berhamburan

oleh -5,166 kali dibaca
Camat Undaan Rifai Nawawi saat meninjau lokasi bencana anginputing beliung di Desa Glagahwar,Undaan, Kudus (Foto: istimewa/Pemdes)

Kudus, isknews.com – Musibah angin puting beliung sore ini dikabarkan menerjang sejumlah Desa di wilayah Kecamatan Undaan, yakni desa Glagahwaru, Kalirejo, Medini dan Lambangan. Angin kencang yang disertai hujan tersebut sempat memporak porandakan ratusan atap rumah warga, Kamis (21/10/2021) sore.

Foto kerusakan atap rumah warga di Desa Glagahwaru Undaan Kudus (Foto: istimewa)

Menurut Mahdum, Kasi Perencanaan Desa Glagahwaru, dirinya membenarkan kejadian angin puting beliung yang disertai hujan deras menimpa desanya sekitar pukul 16.00 dimana kondisi terparah yang diakibatkan oleh angin kencang itu menimpa desanya.

“Saat kejadian tadi saya sedang menghadiri hajatan, warga sempat panik dan lari berhamburan keluar rumah sambil melindungi kepala dengan tangan akibat takut tertimpa genting dan material dari atap yang berterbangan dan berhamburan akibat diterjang angin puting beliung,” cerita Mahdum, Kamis (21/10/2021).

Foto kerusakan atap rumah warga di Desa Glagahwaru Undaan Kudus (Foto: istimewa)

Menurutnya, dalam catatan desanya terdapat sebanyak 105 rumah warga mengalami kerusakan terutama dibagian atap karena genting-genting dan asbes yang sempat berhamburan.

“Tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, tadi pak Camat Rifai juga sudah meninjau lokasi, beliau memerintahkan kepada kami untuk mencatat dan menginventarisir kerusakan yang menimpa ratusan rumah warga. Beliau mengajukan permintaan bantuan genting atau asbes kepada BPBD Kudus,” terangnya.

Foto kerusakan atap rumah warga di Desa Glagahwaru Undaan Kudus (Foto: istimewa)

Dari pantauan media ini, saat ini nampak warga sedang bergotongroyong memperbaiki atap rumah-rumah mereka yang atapnya melompong akibat terbawa angin, sejumlah relawan BPBD Kudus juga telah tampak hadir serta perangkat desa dan warga sedang mendata rumah warga yang terdampak angin puting beliung.

Sementara dari data resmi yang dicatat oleh BPBD Kudus di Desa Glagahwaru kerusakan rumah terjadi di RW. 01 23 rumah, RW. 02 27 rumah, RW. 03 : 24 rumah, RW  04 :6 rumah, RW. 05 2 rumah, total 82 rumah. Di Desa Medini kerusakan berada di RT. 07 RW. 04  sebanyak 2 rumah. Desa Lambangan di RT. 06 RW01 sebanyak 2 rumah, RT. 02 RW 01 sebanyak 1 Rmh jadi total 3 rumah. Desa Kalirejo di RT. 04 RW 03 sebanyak 19 rumah.

Direncanakan di lokasi bencana tersebut besok akan dilakukan penanganan darurat pembenahan Genteng warga di lanjutkan karyabakti bersama TNI dan Polri, warga serta relawan. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.