Antisipasi Banjir, PUPR Kudus Bersihkan Sampah di Sungai Kesambi Gunakan Excavator Long Arm

oleh -1,705 kali dibaca

KUDUS, ISKNEWS.COM – Untuk mengantisipasi banjir, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus membersihkan sampah yang menyumpat di beberapa jembatan di Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kudus dengan menggunakan excavator long arm, Senin (15/11/2021).

Kepala Dinas PUPR Arief Budi Siswanto mengatakan, untuk mengantisipasi banjir daerah yang menjadi langganan banjir. Pihaknya sudah menyiapkan 3 excavator untuk mengangkat sampah dari yang menyumbat di sungai, salah satunya yang ada di Desa Kesambi.

“Untuk mengantisipasi banjir, kami stanby kan excavator. Kita ada 3 excavator yang kecil, 1 long arm dan yang satu biasa. Kita optimalisasai dengan clamp untuk mengambil sampah yg ada di beberapa titik,” jelas Arief saat di temui awak media di Desa Kesambi saat meninjau pemversihan sampah di jembatan satu, Senin (15/11).

Dalam hal ini, PUPR Kudus berkolaborasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), PKPLH dan juga Pemdes Desa Kesambi.

“Kali ini kita optimalisasai di sungai Piji turut Desa Kesambi. Kita kolaborasi dengan BBWS, PKPLH dan Pemdes,” ujarnya.

Lebih lanjut, saat ini sampah yang dibersihkan ada 10 titik. Tetapi, yang menggunakan excavator long arm baru di Desa Kesambi. Lantaran, sungai Piji yang ada di desa tersebut volume sampahnya terlalu tinggi.

“Sudah ada kisaran 10 titik, yang pakai long arm baru Desa Kesambi. Kesambi termasuk daerah rawan banjir karena melihat tahun kemarin,” ucapnya.

Pihaknya berharap, supaya warga yang rumahnya berada di dekat sungai maupun jauh, agar tidak membuang sampah ke sungai.

“Kalau besar harapan kami warga tidak membuang sampah di sungai. Karena ada beberapa sampah kemarin ada kasur,” ungkapnya.(yy/ym)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.