Bersama 7 Ruas Jalan Lainnya, Jalan Tenggeles – Dau Dipasang LPJU

oleh -940 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Dinas Bina Marga Pengairan Energi Sumber Daya Mineral (BPESDM) Kabupaten Kudus, pada kegiatan pengadaan proyek pada tahun anggaran (TA) 2015 ini, tidak hanya terfokus kepada insfrastruktur, seperti jalan dan jembatan saja. Proyek yang lain yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat terhadap lampu penerangan jalan umum (LPJU), juga dialokasikan, dengan angaran Rp 3.049.620.000. Anggaran sebesar itu, diperuntukan pemasangan sebanyak 261 titik lampu, di 8 ruas jalan di Kabupaten Kudus.
Kepala Dinas BPESDM Kabupaten Kudus, Sam’ani Intakoris, melalui Kepala Seksie Energi, Bidang ESDM, Tulus Santosa, yang dihubungi isknews.com, Jumat (16/10), membenarkan hal itu. Menurut dia, proyek pengadaan LPJU itu merupakan kegiatan yang selalu dianggarkan pada setiap tahun, dengan sasaran ruas-ruas jalan yang jumlah titik lampunya dinilai masih perlu ditambah. “Jadi ruas-ruas jalan yang menjadi tempat pengadaan LPJU, bukan berarti belum ada LPJU-nya. Di ruas jalan tersebut sudah ada LPJU, hanya masih kurang, sehingga perlu untuk ditambah beberapa titik, sesuai kebutuhan.”
Dia menerangkan, ke 8 ruas jalan yang dipasangi LPJU baru itu, adalah ruas jalan Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, mulai pertigaan di Jalan Raya Kudus – Pati (perumahan PR Jambu Bol), kea rah utara, sampai di Dukuh Dau, Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, sebanyak 28 titik lampu, dengan beaya sebesar Rp 299,98 juta.
Selanjutnya, ruas Jalan Dawe, Kecamatan Dawe, mulai pertigaan tugu, ke arah selatan, sampai pertigaan tugu, di Desa Jurang, Kecamatan Gebog, sebanyak 37 titik, dengan beaya sebesar Rp 449,84 juta, ruas Jalan Dau (Jekulo), kea rah utara, sampai Pohdengkol, Kecamatan Dawe, sebanyak 83 titik, dengan beaya sebesar Rp 449,86 juta.
Untuk kawasan Kudus timur, ruas jalan yang dipasang LPJU, adalah ruas jalan Desa Bulungcangkring, ke arah selatan sampai perbatasan Kabupaten Pati, sebanyak, 14 titik, beaya Rp 349,99 juta. Khusus untuk ruas jalan ini, tenaga listrk untuk menyalakan LPJU memakai solar shel, dikarenakan daya listrik milik PLN di daerah itu sudah maksimal, sehingga tidak mungkin dipasangi trafo baru.
Empat ruas jalan lainya, adalah dari perempatan Krawang, ke arah selatan, sampai ke pertigaan Desa Jojo, Kecamatan Mejobo, sebanyak 24 titik, dengan beaya sebesar Rp 299,98 juta, ruas Jalan Klaling – Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, sebanyak 32 titik, dengan beaya sebesar Rp 449,99 juta, ruas Jalan Jekulo –, mulai pertigaan di Jalan Raya Kudus – Pati (lampu bangjo) ke selatan, sampai Bulungcangkring, 30 titik, beaya sebesar Rp 449,99 juta, dan ruas Jalan Raya Kudus – Pati, sebanyak 13 titik, dengan anggaran sebesar Rp 229,99 juta.
“Untuk ruas jalan yang disebutkan terakhir itu, anggaran sebesar Rp 299,99 juta, tidak hanya untuk pengadaan LPJU baru, melainkan juga untuk perbaikan tiang-tiang lama yang miring, dan penggantian lampu-lampu yang mati,” jelas Kasie Energi, Bidang ESDM itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :