Berubah Jadi Sungai Bila Hujan Deras Langgardalem Prioritaskan Peninggian Jalan Utama Desa

oleh -1,088 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Jalan utama Desa Langgardalem, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, pada setiap hujan terjadi banjir yang hampir seluruh permukaan jalan tersebut, sehingga seakan berubah menjadi sungai. Terkait dengan kondisi itu, pihak pemerintah desa setempat, mengajukan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, agar jalan tersebut ditinggikan.
Kepala Urusan Pembangunan Desa Langgardalem, Qohhar, yang dihubungi isknews.com, Rabu (24/2), mengatakan hal itu. Menurut dia, jalan yang dimaksud, adalah akses utama masuk Desa Langgar Dalem, dari arah Jalan Sunan Kudus, di sebelah barat jembatan Sungai Kaligelis yang melewati pasar loak. “Sebagian dari ruas jalan itu, mulai dari arah barat, sampai melewati depan balai desa, jika turun hujan, permukaan jalan tertutup oleh air.”
Karena kondisi itu sudah berlangsung beberapa tahun, ungkapnya lanjut, maka dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan Kota, peninggian jalan desa itu, menjadi salah satu skala prioritas proyek fisik yang diajukan oleh Pemerintah Desa Langgardalem, ke Pemkab. “Kami berharap pada 2016 ini, pengajuan proyek jalan sepanjang sekitar 1 kilomter itu, bisa terealisasi.”
Proyek lainnya yang juga masih ada kaitannya dengan antsipasi musim hujan, adalah penguatan dan pembanguna talud Sungai Sili, yang berada di belakang bangunan balai desa. Kantor Desa Langgardalem itu memang dibangun di atas tanggul Sungai Sili, sehingga talud di sungai itu harus diperkuat. “Untuk talud yang mulai belakang balai desa sampai di sebelah timur sudah baik dan tidak ada masalah, untuk jembatan ke arah barat, pada 2016 kami usulkan pembangunannya,” ujar Kaur Pembangunan Desa Langgardalem itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :